AddToAny

Tips : yang harus dihindari kalo punya kamera

Kalo tadi yang haru dihindari seputar kamera digital..yang ini
Beberapa cara / tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat kamera, antara lain adalah:

1. Senantiasa menjaga kamera dari goncangan yang berlebihan.
Caranya, antara lain dengan meletakkan kamera di dalam tas khusus dengan pelindung busa di bagian sekelilingnya. Biasanya, tas tersebut juga memiliki sekat-sekat yang bisa dicopot. Hal ini perlu untuk menghindari guncangan yang berlebihan dengan lingkungan luar maupun benturan antar peralatan. Intinya, taruhlah kamera di tempat yang aman dan tahan terhadap guncangan. Agar kamera tidak lembab, ada baiknya jika Anda meletakkan silica gel pada bagian dalam tas kamera.

2. Bersihkan selalu kamera dan lensa secara periodik.
Akan lebih baik lagi jika kamera dibersihkan sekali seminggu atau secara teratur dan berkala. Gunakan lap kering yang bersih dan lembut seperti kain flanel untuk bagian luar kamera. Sedangkan untuk bagian dalam dan elemen-elemen kecilnya, gunakan blower atau peniup yang banyak dijual di toko kamera. Selain blower, juga bisa digunakan kuas berserabut halus, yang belum dipergunakan pada benda lain. Untuk membersihkan lensa kamera, gunakan cairan kimia yang khusus diperuntukkan untuk lensa. Bila terlanjur tumbuh jamur, segera kirim kamera tersebut ke service centre terdekat.

3. Hindarkan goresan pada lensa.
Untuk menghindari goresan, ada baiknya jika lensa mempunyai filter ulir yang terpasang permanen pada bagian depannya. Filter yang umum menjadi pelindung adalah jenis filter UV (Ultra Violet) atau filter skylight. Sementara untuk menghindari goresan di bagian belakang lensa, usahakan selalu memasang bodycup penutup saat lensa dilepas dari badan kamera.

diposting di suatu hari yang cerah
© Blogjamu DVLP 2009
author
Gostaff
Penikmat kopi arabica yang suka rak buku dan seisinya