Pikirkan hal ini sebelum anda membeli seperangkat teknologi.

1.      bertahan sejauh mana versi yang akan anda beli? :-#
Pertanyaan ini muncul seiring dengan perkembangan teknologi yang speednya saingan sama kelahiran semut. Hati-hati, cek dulu, siapa tahu anda baru beli sebulan sudah muncul lagi versi yang lebih baru (yang tentu saja membuat anda menyesal bukan?)

 2.      seberepa kualitasnya? :-#
Mulailah merubah mind-set tentang membeli perangkat komputer dengan mengutamakan kualitas dan mutu jauh di depan dari pada ukuran harga, uang ndak cukup? Tunggu, sabar sebentar dan dengan setetes tambahan yang anda tabung tidak butuh waktu lama untuk memenuhinya. Sadar atau tidak dapat dipastikan setiap manusia akan berusaha dengan begitu lebihnya ketika ada sesuatu yang dia inginkan  bukan?

3.      mind-branded? :-#
Boleh lah, sangat sah dan sanga wajar ketika kita masih beranggapan bahwa Merk“T“ dan Merk“S“ pasti terjamin mutunya J karena bagaimanapun opini yang terbentuk dari merk-merk yang sudah mapan memang terbentuk secara wajar bukan?? Namun tidak salah jika anda juga penasaran dengan merk baru yang belum jelas reputasinya namun begitu gencar berpromo ria.

4.      second? :-#
Sama sekali tidak disarankan ketika kantong anda cukup tebal untuk membeli yang baru karena setiap perangkat elektronik tentu umurnya tidak panjang, masa pemakaian anda akan terpotong pemakai sebelumnya jika membeli second. Juga kualitas yang sangat dipertanyakan + layanan purna jual yang antah-berantah.

5.      after-sale servis? :-#
Pastikan barang yang anda pilih bergaransi dan service centre nya mudah anda jangkau, penting karena barang baru yang bermasalah jauh lebih aman jika ditangani secara resmi bukan?

6.      garansi? :-#
Jenisnya pak?? Garansi toko saja, atau garansi pabrik juga? Atau garansi abal-abal? Jangan jangan ketika anda ada masalah dengan si barang, penjual malah menghindar, berkelit dan bertele-tele.nggak enak bukan?

 7.      sudahkah anda kompare?
Semisal hape? Banyak majalah yang bisa anda simak mengcompare pendatang-pendatang baru di pasaran, demikian pula komputer dan sebangsanya. Hal ini penting supaya anda lebih mantap dengan pilihan yang anda ambil.

8.      apa kata hati?
Buat apa barang mahal dan bagus dibeli namun di hati nggak cocok? Percuma, tidak akan membuat anda puas nantinya, ikuti hati anda, puaskan gairah anda ;)