tutorial dan tips menggunakan Foursquare

16:56



Foursquare adalah social networking yang baru-baru ini muncul dengan style yang beda jika dihadapkan dengan Facebook atau Twitter   yang telah diakui sebagai social networking nomor wahid.

Foursquare lebih mengandalkan share lokasi dimana ada berada pada saat anda mengupdate foursquare anda. Hal yang twitter dan facebook tidak berikan secara instant.

Oke, tanpa banyak cuap, mari bersama-sama kita coba menggunakan foursquare | pada tulisan ini special hanya untuk penggunaan foursquare dengan mobile web (bukan smartphone) karena pada dasarnya foursquare bisa digunakan oleh semua tipe gadget, tidak harus via smartphone ataupun PC.

Pertama : daftar
silahkan daftarkan diri anda di foursquare.com | daftar biasa kok, masuk foursquare.com terus klik join 


tidak ribet, isi saja sebagaimana anda daftar di tempat sebelah. setelah confirm dengan link yang masuk di inbox anda, berarti anda telah siap menggunakan foursquare

Kedua : Mengkoneksikannya dengan FB dan twitter
Hal ini untuk memunculkan update foursquare anda di kedua social networking yang sebelumnya anda telah kuasai dengan telak.hehe

asumsi saya, pada langkah ini anda telah mempunyai akun foursquare, jadi langsung log in saja di foursquare.com :P masuk ke setting, lalu isi link to your twitter/facebook account 

setelah  itu masuk ke mobile device
untuk check in dan shout pertama kali (saya sarankan untuk pertama lewat PC dulu agar anda lebih familiar )

Ketiga : Mencobanya via mobile browser hp | masuk ke m.foursquare.com
Buka mobile browser anda, opera mini atau browser bawaan hp anda | masuk ke alamat m.foursquare.com | anda akan menemukan tampilan yang tidak jauh beda dengan yang anda lihat di PC bukan? Cara updatenya?
[misal untuk dimasukkan di timeline twitter]


Keempat : Memasukkan lokasi terbaru kita
Klik check in | ketik lokasi anda saat itu : “SPBU A.Yani” misalnya. Maka hasilnya nanti….

Shoutanda (@ SPBU A.Yani) http//4sq.dst…

Kelima : Memasukkan “twitt” terbaru kita

Kemudian | masukkan kata-kata yang ingin anda pasang sebelum (@ SPBU A.Yani) | misal anda ketik : “sinom Pertamax buat si Hitam” lalu shou it!  | maka jadinya ..

sinom Pertamax buat si Hitam (@ SPBU A.Yani) http//4sq.dst

beres deh… anda akan unlock banyak bagde sebanyak dan sesering update yang anda berikan.

Inilah asyiknya foursquare, dimana usernya seakan tertantang untuk mengunjungi tempat-tempat baru dan meningkatkan intensitasnya menggunjungi tempat-temopat yang biasa didatangi sebelumnya demi mendapatkan title “mayor”

Sekedar tambahan yang biasa anda kenal dengan update status di FB atau ngetwit di twitter adalah kombinasi check-in+shout pada foursquare. Simple dan sangat mudah bukan?

itu tadi basicnya, foursquare, sejak tulisan ini pertama kali disusun, doi sudah update versinya beberapa kali, jadi screenshoot di atas sudah tidak relevan lagi, tapi langah yang dilakukan masih sama, hanya desain dan beberapa hal harus ditambahkan.

yang berikutnya perlu anda kenal adalah

1. ini halaman profil kita di foursquare :


perhatikan, ada avatar kita, sebelahnya nama kita, trus motto, dll, di kanan ada badges kita :D apa itu badges,
klik pojokan atas kanan, ada pop-up badges . maka masuk kesini :

foursquare memberikan poin dan record yang jelas pada setiap chek in kita, dengan kriteria tertentu, maka kita dapet badge, contoh : Mall Rat itu adalah badge untuk kamu - kamu yang sering cek in di Mall
dan, tiap poin yang dihitung, akan di peringkat di "Leaderboard" yang tiap hari naik turun tergantung siapa yang paling rajin check in. Gambar berikutnya, ada History anda kemana aja :D


kemudian statistik chek in anda :D sangat lengkap

ada juga istilah mayorship , bisa dibilang penguasa tempat itu men, nama anda ada setiap ada yang cek in di tempat itu, tiap cek in disitu, poin yang anda terima lebih banyak. Mayorship tidak hanya ditentukan oleh jumlah cek in terbanyak pada tempatitu, tapi tidak hanya untuk cek in yang sehari itu saja. tapi diitung jumlah cekin pada hari lain di tempat itu.


Semoga membantu , ada yang ditanyakan mungkin?

You Might Also Like

50 comments

Subscribe