Kiat mendelegasikan tugas.
Tidak semua tugas dapat kita kerjakan sendiri bukan? Apalagi jika posisi kita adalah atasan, baik atasan di kantor, di lingkungan sosial ki...
Tidak semua tugas dapat kita kerjakan sendiri bukan? Apalagi jika posisi kita adalah atasan, baik atasan di kantor, di lingkungan sosial kita, atau di organisasi yang kita naungi.
Saya bukan atasan suatu perusahaan, saya hanya serang mahasiswa yang kebetulan membaca suatu sumber yang berkaitan erat dengan ini, dan sepanjang pengalaman saya mencoba masuk di organisasi ini dan itu, degelasi dan praktik kerjanya sering kali justru menyulitkan pemimpin dan yang dipimpinya, berujung pada segala sesuatu yang berjalan di luar master plan yang ada, atau malah menjadi boomerang dan semacam bunuh diri bagi atasan itu sendiri.
OK,
Berikut kriteria tugas – tugas yang layak untuk didelegasikan (menurut buku yang saya baca) :
1. Tugas yang berulang – ulang (anda kerjakan), agar anda dapat menghemat waktu utama untuk mengatasi tugas – tugas “istimewa”.
2. Tugas yang tidak sesuai dengan keahlian adan pengalaman anda.
3. Tugas yang melemahkan spesialisasi.
Jangan mendelegasikan sesuatu jika :
1. Jangan melimpahkan wewenang anda bila tidak ingin pulang cepat.
2. Jangan melimpahkan wewenang jika memang anda tidak ada opsi di waktu libur.
3. Jangan melimpahkan wewenang jika memang tidak ada halangan di waktu luang
4. Jangan melimpahkan wewenang jika tidak ingin hasil tugas / pekerjaan anda tidak seperti yang anda bayangkan.
5. Jangan melimpahkan wewenang jika anda ingin meningkatkan kemampuan anda di bidang itu.
6. Jangan melimpahkan wewenang jika anda ingin menjadi pelayan yang baik bagi bawahan anda.
7. Jangan melimpahkan wewenang jika anda tidak ingin menghabiskan waktu anda untuk hal yang tidak perlu
8. Jangan melimpahkan wewenang jika anda memiliki bawahan yang bodoh dan pemalas
9. Jangan melimpahkan wewenang jika anda tidak ingin mengurung bawahan dengan tugas yang menumpuk.
Kenapa kita tidak mendelegasikan?
1. Kurang percaya pada orang lain
2. Takut bermain resiko
3. Khawatir terlihat malas
4. Orang menganggap, delegasi = lari dari tanggung jawab
5. Tidak adanya contoh pada bidang ini.
6. Dominasi, takut tersaingi.
Bagaimana mendelegasikannya?
1. Duduk dengannya
2. Jelaskan tugas yang akan didelegasikan kepadanya, pastikan dia tahu target dari tugas tersebut, tata cara dan deadlinenya.
3. Minta komitmennya
4. Diskusikan kemungkinan buruk yang mungkin terjadi selama tugas tersebut dilaksanakan.
5. Keep in touch
6. Motivasi dia, hadiah atau bonus of something like that :D
Siapa yang mewakili anda?
2 kriteria :
1. Mempunyai kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan tugas
2. Mempunyai minat dan semangat untuk menyelesaikan tugas sebaik mungkin.
Sisanya? Terserah anda :)
Semoga bermanfaat
*foto Pak Jokowi, Pemimpin penuh sahaja dari Solo :D
Post a Comment:
Pembaca yang baik pasti meninggalkan feedback