Dunia Kampus dan Sistem Perkuliahannya

10:54

Selamat buat penghuni baru kursi – kursi di kampus kami. Buat yang belum dapat, semoga cepet nyusul. Kuliah bukan segalanya memang, tapi kuliah “dipercaya” bisa membawa seseorang ke arah yang lebih cerah. Kuliah bukan lagi duduk di kelas dan mendengarkan dosen ceramah, tapi kuliah adalah saat kita memutar otak menemukan siapa kita sebenarnya dan mau jadi apa kita nanti toh? Bagaimana kita kenal manajemen dan mengendus dunia kerja :D
 



Tentang Studi SKS (Sistem Kredit Semester) Untuk saat ini, sebagian SMA mungkin sudah mulai memperkenalkan sistem ini kepada siswanya, ya, kita harus mencapaisjumlah SKS tertentu selama kita kuliah. Setiap mata kuliah akan dibobot rentang 2 – 4 SKS, ada jug yang 6 SKS. Semakin banyak SKS mata kuliah tersebut, maka semakin penting pula bagi kita, karena hasilnya akan sangat mempengaruhi IP kita,hal ini yang tidak disadari banyak mahasiswa baru. 

Dosen Pembimbing Akademik (DPA) Ini seperti Wali kelas di SMA, beliau lah yang akan memberikan izin kita untuk mengambil sejumlah SKS yang kita mau, beliau pula yang memberikan masukan bagi kita di tiap awal semesternya. Bagaimana kemajuan kita dan perkiraan seberapa berat mata kuliah yang kita ambil.  

Semester Pendek (SP) Ketika liburan, mahasiswa pada umumnya diberika waktu untuk memperbaiki nilainya atau untuk mempercepat kelulusannya, maka di beberapa kampus diadakan semester pendek.
 
Kuis, Mid Test, Final Test Sama kayak SMA lah, Cuma dosen pada umumnya tidak mengadakan remidi, jadi nilaimu harimaumu
 
Indeks Prestasi Ini nilai kita, ada dua, IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) dan IPS (Indeks Prestasi Semester). IPK adalah rerataan IPS, sedangkan IPS sendiri hasil studi kita tiap semesternya. Rangenya antara 0-4, orang – orang yang berIP di atas 3.5 biasanya akan mendapat pujian lebih berupa sebutan “cumlaude”. Makin tinggi IP, makin bagus kuliah mahasiswa tersebut,meskipun belum tentu menjamin pekerjaannya nanti. Karena bekerja dan mengarungi hidup tidak berkiblat pada IP, melainkan skill dan mental mahasiswa itu sendiri. Namun jangan membayangkan dengan IP seadnya akan mulus dan lolos tes ini itu begitu saja, karena setiap lowongan pasti memliki kriteria IP sendiri-sendiri.
Soal Kemahasiswaan 

UKM (Unit kegiatan mahasiswa) Ini sama dengan ekskul kalo di SMA, kegiatan dan model organisasinya sama plek :D  

BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Ini sama dengan OSIS kalo di SMA, hanya saja ada levelnya tingkat Jurusan (BEMJ), tingkat Fakultas (BEMF), tingkat Universitas (BEMU), pola – polanya sama persis dengan OSIS. 
 
DLM (Dewan Legislatif Mahasiswa)

Ini juga sama kayak MPK di SMA, tugas dan wewenangnya sama persis :D Sekian dulu ya, semoga sukses di kampus baru masing – masing, kuliah beda jauh dengan sekolah lo ya,, menaikkan IP tidak semuda menaikkan ranking saat SMA kawan :D 

You Might Also Like

0 comments

Subscribe