9 Master di balik Apple

Steve Jobs telah meninggalkan kita dengan tenang dan sangat damai, entah dapet wangsit atau bisikan dari mana, dia mundur dari jabatan CEO Apple, beberapa minggu saja sebelum kematiannya. Bener-bener wangsit gan,

lalu, dengan sekejap saja, buku ini muncul , momen yang pas banget


ya, di Toko buku lokal pun dalam tempo seminggu pasca meninggalnya sudah ada pre-order dalam versi soft cover berbahasa Indonesia, dalam sebulan, harga buku ini dengan diskon : 90rb .

hm, tapi kita pasti bertanya - tanya , Apple nanti sepeninggal Jobs mau dibawa kemana. Beberapa website di Internet, membahas tentang kemungkinan Samsung dan para Ulama Android akan menguasai pasar. Tapi tidak sedikit yang optimis dengan pasukan "baru" Apple. Berikut beberapa nama yang mungkin akan mencuat seperti Jobs kelak. Para Pemegang peranan yang penting di Apple, yang dulunya tidak lain orang - orang kepercayaan Jobs.





1. Tim Cook, CEO
 Pak Cook dipilih oleh Jobs untuk menjadi suksesornya.

"Manajer Operasional yang pendiam dan tenang, diperkerjakan Jobs pada 1998"
 Pak Cook dirasa membawa warna baru bagi Apple, tapi gebrakannya belum terasa, 
mengutip dari majalah Inc :  "So far, Cook hasn't rocked the boat too much, but he has made a few un-Jobs-like decisions, such as reportedly giving employees extra time off on Thanksgiving. "

lebih lengkap tentang Tim Cook, bisa buka : http://mbahjiwo.com/profil-tim-cook-pengganti-steve-jobs-untuk-ceo-apple/

2. Katie Cotton, VP of Worldwide Corporate Communication


44 Tahun, tergolong muda dan baru saja masuk jajaran The Most Powerful Women 2010 versi CNN
berperan sangat besar daam politik pencitraannya Apple.







3. Eddy Cue, VP of Internet Services


Di bidang software dan internet, Cook mempromosikan Eddy Cue sebagai senior VP di mana ia akan mengurusi masalah iTunes Store, iCloud, iAd dan platform iBookstore. Promosi ini hanya selang seminggu setelah Cook menjabat sebagai CEO. Cue sendiri sudah berbakti pada Apple selama 22 tahun. Pak Cue sendiri yang megang urusan Layanan Internet,semisal  iCloud, App Store dan iTunes




4. Jeff Williams, Senior VP of Operations
Pak ini yang menjamin suplai produk Apple dan menjaga kualitas Produk yang ditawarkan di pasar. Semua operasional Pak ini yang urus. Sudah lebih dari satu dekade di Apple.Sebelum di Apple, beliau kerja untuk IBM.











5. Scott Forstall, Senior VP of iOS Software

Dikenal sebagai anak didik Jobs, Scott dinobatkan menjadi orang terkreatif nomor 2, setelah Jony Ive, yang juga rekannya sesama designer di Apple. Scott masuk menjadi orang termuda di jajaran petinggi Apple. Namun Kontribusinya di iOS dan berbagai desain dalam produk-produk Apple, membuat pengaruhnya sangat besar bagi kelangsungan perusahaan.



6. Bruce Sewell, VP and General Counsel
Pak ini yang ngurusin legal formal dan hukum di Apple sob, Jobs ngimpor Pak Bruce dari Intel di 2009. Posisi nya di Intel juga hampir serupa dengan yang dijalaninya saat ini. Apple acap kali bermasalah soal hukum dengan para kompetitornya. Samsung, HTC dan beberapa perusahaan besar lain juga saling tuntut menuntut dengan Apple soal hak cipta .



7. Greg Joswiak, VP of iPhone Marketing
He also helps guide the company on setting prices.


Nah, Pak ini yang bikin iPhone terjual segitu jumlahnya dan sangat sukses menggebrak. Pak ini Guru Marketing buat Apple 


8. Jeff Robbin, iPod Master
Jeffrey L. "Jeff" Robbin is the vice president of consumer applications at Apple, Inc. Pertama dulu dia bikin  MP3 player SoundJam MP duet sama Bill Kincaid, lalu SoundJam dibeli  Apple dan diganti namanya jadi  iTunes.Dia lead software designer iTunes dan otak dibalik iPod.
denger-denger, iTV (calon TV dari Apple juga lahir dari tangannya)


9. Jonathan Ive, Senior Vice President Industrial Design
Buku Bio Jobs said : 
"Jony Ive, Kepala Desainer di Apple, menjadi rekan dan orang kepercayaan Jobs"

Ive mendesain keseluruhan paket iMac, iPhone, iPod dan iPad menjadi produk yang esklusif da layak jual mahal. Bedanya dengan Scott, dia bertanggung jawab ke aspek di luar Software. Sedangkan Software adalah urusan Scott.


lalu apa perlunya tahu ke -9 orang ini? 

1. Salah satu atau beberapa dari mereka suatu saat nanti bisa jadi akan menjadi legend layaknya Jobs.
2. Otak mereka yang perlu kita tiru, fokus di salah satu keahlian dan menjadi yang terbaik di bidangnya. jangan menjadi orang yang mencoba menguasai segala macam ilmu, merasa paling komplet dan paling bisa. Alih - alih disebut cerdas, anda malah tampak sangat serakah nantinya :D

sekian, semoga bermanfaat ya