Tentang domain dan web.id

12:00

Sangat menarik untuk menjawab pertanyaan mas Noor Man Pandjie di forum Komunitas Mahasiswa Menulis. Yak, pertanyaan yang terkait domain web.id. Sebuah domain yang khusus untuk warga negara Indonesia dan yang paling terjangkau dibanding dengan harga domain berbayar lain. hehe

Konsep Awal
Suatu nama blog, sangat menentukan bagaimana perkembangannya si blog itu sendiri di kemudian hari. Semakin mudah dihafalkan namanya, maka akan semakin banyak pula orang yang akan mendatangi blog kita (harapannya sih demikian.hehe). silahkan buka posting bagaimana memilih nama blog untuk pemilihan namanya. 

Demikian juga saat kita memilih domain (sudah termasuk hosting gratis), ya, yang gratis, jika anda menggunakan blogger maka ekor alamatnya blogspot.com dan ketika anda menggunakan WP  maka ekor alamatnya menjadi wordpress.com. Untuk WP, dikenakan biaya tambahan jika anda ingin menggunakan domain lain, menggantikan domain wordpress anda. Tapi di Blogger, anda memiiki opsi untuk mengganti domain anda dengan domain lain yang lebih singkat dan menarik.
Coba cek di halaman seperti pada gambar ini  :








Atau jika menggunakan tampilan blogger yang sebelumnya, maka bisa cek disini :













Ya, dalam opsi tersebut, alamat blogspot kita saat ini, bisa di redirect ke domain baru yang tidak lagi .blogspot.com 




Domain (yang bisa digunakan untuk mengganti)
Domain Gratis Ada banyak domain gratis yang bisa anda gunakan secara cuma – Cuma. Domain seperti co.cc, cz.cc, ce.ms, co.nr atau .tk bisa anda gunakan dan, sudah memberi anda keleluasaan mengatur DNS serta segala macam di dalamnya.  Tapi, namanya gratis, dia mempunyai beberapa kelemahan, misalnya :
1. Lemah di SEO (search engine optimizer) | jadi kemungkinan untuk muncul di google, yahoo dkk sangat kecil. Jadi kemungkinan blog kita dideteksi orang lewat mesin pencari juga makin kecil, domain-domain di atas tidak masuk top level domain list.
2. Bisa ilang kapan saja | ketika perusahaan penyedia domain gratis itu tiba-tiba bangkrut? Atau server mereka jebol, atau ada  sesuatu yang membuat domain kita mandek? Kita tidak bisa komplain apa – apa to? Lah wong gratisan. Padahal kawan, kolega dan orang lain hafal alamat blog anda melalui domain tersebut? Kan kita yang kelimpungan akhirnya.
3. Iklan | ya, jangan protes dong kalau tiba – tiba ada iklan nongol di blog anda, atau masuk email anda, karena anda telah menggunakan layanan dia secara gratis to.hehe

Domain berbayar
Ada namanya TLD (Top Level Domain) yakni domain – domain yang berbayar, mayoritas digunakan untuk tujuan profesional dan memang dengan cara profesional pula mengelolanya sekalipun untuk personal blog. Mulai dari .com, .net, .org dst
Kemudian ada yang mananya Country code top-level domains, misalnya .de untuk Jerman dan .us untuk Amerika, nah, untuk Indonesia menggunakan .id. Yang mengelola id adalah sebuah badan bermana PANDI, kemudian tentang web.id sendiri bisa di cek di website pandi -> http://www.pandi.or.id/webid/


Nah, jadi konsepnya, anda menggunakan hosting gratis di Blogger.com, ngeblog dengan blogspot anda sebagaimana biasa, lalu beli domain dan yang terakhir, menyambungkan domain tersebut ke blogger untuk selanjutnya menjadi domain tetap anda.


Beli
Saya pribadi sangat menyarankan untuk beli domain, karena sudah sangat sering dikecewakan oleh domain – domain yang (ngaku) gratis. Nah, karena kantong mahasiswa, maka domain berbayar yang paling murah adalah .web.id (hanya 25 ribu per tahun) bandingkan dengan .com yang 90ribu-an per tahunnya.

Berikut tips mudah untuk mengurus pembelian domainnya :
(harga 25 ribu itu dari PANDI, jadi jika anda menggunakan jasa penyedia domain maka harganya bisa 35 ribu - 40 ribuan, tapi, anda akan diberi banyak kemudahan dibanding jika mengurus sendiri ke PANDI)
1. Pilih jasa penjual domain yang ada di Internet, banyak sekali, googling aja, banding-bandingkan harganya, kemudian testimoni yang ada dan apakah menurut anda sudah meyakinkankah perusahaan tersebut? Saya sendiri menggunakan idwebhost.com, murah dan tidak mengecewakan servicenya.

2. Ketik nama domain yang anda inginkan (setiap website penyedia jasa hosting, pasti ada kolom ini di halamannya. Cek ketersediaan domain tersebut, jangan lupa sesuaikan anda ingin .com, .web.id, .name atau yang lain.

3. Lakukan order jika harga sesuai.

4. Isi kolom – kolom pemesanan yang ada.

5. Saat mengisi kolom-kolom tersebut, kontak CS yang sedang stand by lewat YM mereka. Anda katakan saja baru pesan domain apa, maka akan dilayani, termasu apa yang mereka butuhkan untuk kelengkapan administrasinya (kalau pesan domain .id, harus menyertakan scan KTP).

6. Transfer

7. Konfirmasi pembayaran. Bisa melalui Email bukti resi, atau YM saja CS nya. Kemudian anda minta disettingkan domainnya, Biasanya domain baru siap dalam 1x24, ketika anda yakin domain sudah siap, maka hubungkan dengan blogger.com melalui pengaturan di blogger/setting/publishing  (halaman pada gambar di atas)

8. Taraa... jadi deh, blogspot anda sudah “ditutupi” oleh domain yang baru anda beli.

Semoga bermanfaat, jika beruang lebih dan ingin lebih nyaman, anda bisa membeli langsung hosting dan paketnya, biasanya harga kalkulasi lebih murah, namun akan jauh lebih mahal pada harga perpanjangan tiap tahunnya (karena saat aktivasi pertama, domain dalam paket biasanya digratiskan). Kalau hosting di Blogger kan gratis sampai kapan pun (setidaknya sampai google bangkrut, kan punya google.hehe)

Monggo dicoba, ada pertanyaan juga boleh ya, atau saran tambahan. Ditunggu mas :D makasih

You Might Also Like

7 comments

Subscribe