Tips mencari dan memulai kerja untuk mahasiswa

18:15

Kopi dulu sebelum baca yang serius - serius bro :D
A photo posted by Gustaf Wijaya (@gostaff) on



Berikut beberapa hal yang mungkin patut anda baca sebelum anda (mahasiswa, aktif) mencari kerja, atau sedang bekerja, atau masih sekedar pengen bekerja.

1. Niat
Kata para pengusaha, apa saja bisa dijalankan asalkan niat. Modal utama bukanlah uang, tapi niat. So, niatkan diri anda untuk benar-benar (belajar) bekerja. Buang jauh-jauh rasa manja anda,  mulai tetapkah hati bahwa anda akan siap untuk menggadaikan sekian jam anda per hari untuk pekerjaan. Yang sulit adalah, ketika anda masih enggan untuk kehilangan jam – jam bermain anda, jam berorganisasi, jam futsal, jam skate, jam kunjung pacar dan seterusnya untuk digunakan bekerja. Anda juga tidak sebebas dulu lagi kalau ingin melancong, karena pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan. Apalagi jika anda bekerja di Tempat hiburan keluarga, seperti Mall, Bioskop, atau restauran dan supermarket karena jam kerja tempat – tempat tersebut justru padat ketika jam kerja dan sekolah berakhir.

2. CV
Curriculum Vitae sama halnya peluru bagi seorang sniper, atau jarum suntik bu Dokter. Tanpa CV, anda tidak akan diterima dalam satu perusahaan to? Kalau mau bekerja yang non atau semi profesional tanpa CV pun sudah OK. Tapi dalam tulisan ini, kita bicara profesionalnya kan :D pake CV dong.

Banyak contoh CV di Internet, atau anda minta contoh kepada teman anda yang telah bekerja, atau setidaknya pernah membuatnya. Atau berikut saya ada CV anda mau sekedar melihat, atau setidaknya penasaran bentuk CV itu seperti apa, CV seperti ini saya gunakan untuk melamar pekerjaan pertama saya di salah satu jaringan bioskop terbesar Indonesia di Surabaya Town Square. monggo dicek 

3. Jalur
Suatu hari, anda bisa heran kenapa orang yang menurut anda tidak lebih pinter dari anda tiba-tiba sudah bekerja di tempat yang keren saat masih sebangku di kuliah, usut punya usut, ternyata saudaranya ini punya jabatan di situ dan seterusnya dan seterusnya.

Yang jelas, hubungan dengan kawan lintas angkatan dan lintas jurusan itu penting (tanpa harus via bem atau himpunan, teman main pun belum tentu ndak bisa diajak produktif kok) . dari kakak angkatan anda, dari mulut ke mulut, dan lowongan demi lowongan akan datang kepada anda.

4. Doa
Doa? Jelas lah. Memulai sesuatu dengan doa akan meningkatkan kepercayaan diri kita dan membuktikan bahwa kita optimis. Urusannya dengan Tuhan kawan, minta tips ke ustadz masing - masing gih.hehe

5. Sikap
Jangan mencoba munafik, itu salah satu kuncinya.
Ketika ditanya apakah perkejaan yang anda apply akan mengganggu kuliah anda atau tidak , misalnya. Jangan menjawab tidak , karena kenyataannya, mau bagaimanapun pekerjaan pasti memecah fokus anda. Pasti ada kalanya dimana anda akan harus memilih, kuliah atau memenuhi tugas mendadak dari bos anda.

Cerdas, realistis
Waktu adalah uang, semakin cepat anda bekerja, semakin bagus hasilnya, semakin bos anda suka dengan anda, semakin anda mudah dekat dengan bos anda dan dengan demikian maka semakin mudah lah anda bisa menyesuaikan kehidupan anda, antara kuliah dan bekerja.
(mbulet)
Jadi, coba lah untuk dekat dengan bos anda, agar kalau pas bentrok jadwal kerja dan kuliah, atau ada UAS dll di kampus, anda dimaklumi sama beliaunya :D mantep to
Juga ketika menjanjikan deadline, jangan sampai deadline yang anda sanggupi membunuh anda sendiri.


6. Waktu
Timing yang asyik dan berpeluang besar untuk mendapatkan pekerjaan adalah (a) ketika pasar akan mencapai puncaknya, atau (b) menjelang liburan kita, sehingga kita bisa total bekerja saat liburan tiba.

Contoh a : anda akan melamar menjadi seorang tentor di sebuah LBB, maka akan sangat baik ketika anda mengirimkan lamaran di ujung semester 1 nya anak sekolah,  karena saat awal semester 2, banyak dibutuhkan tenaga pengajar untuk persiapan UNAS.

Contoh b : setiap pekerjaan di restoran, cafe, coffe shop, supermarket dan di tempat – tempat lain yang memiliki iklim kerja mirip dengan itu, pasti anda sebagai karyawan baru bakal di-training 2-3 bulan (jumlah masa yang sama dengan liburan semester genap seorang mahasiswa pada umumnya) jadi, pas to. Atau jika ingin melamar di bioskop, maka melamarlah sebelum liburan anak sekolah, karena saat liburan, film akan bagus-bagus dan lonjakan penonton di bioskop otomatis membuat tenaga anda sangat diperlukan.

7.Kendaraan Bermotor
Saat ini, rata – rata memang setiap lowongan mensyaratkan kendaraan bermotor. Tidak ada masalah bagi mereka yang memang sudah dipercaya untuk membawa motor sendiri dari daerah asal masing – masing. Tapi untuk anda yang belum dipercaya orang tua untuk membawa motor di kota besar, coba rayu deh, buktikan ke beliau – beliau bahwa motor tersebut memang sangat terasa manfaatnya bagi anda, hiperbolik dikit boleh deh :D

8. Skill
Sebenarnya skill tertentu tidak diperlukan di awal kerja kita nanti, selama anda cepat belajar dan  menguasai situasi, skill anda akan keluar dengan sendirinya. Justru saat ini banyak perusahaan yang suka pelamarnya masih polos, tanpa skill dan pengalaman kerja, karena kemungkinan untuk bermain – main dengan sistem di tempat kerja masih sangat kecil (saking polosnya) dan  rasa tulus dalam bekerja masih tinggi (saking polosnya juga)

9. Ramah, terbuka
Jadilah orang yang murah senyum. Aura positif setiap saat membuat orang akan lebih tertarik dan nyaman dengan anda, dalam hal ini, saat anda bekerja saat masih kuliah, idealisme anda sebagai mahasiswa juga akan terkikis dengan sendirinya. Senyum deh, senyum.

Terima ilmu dari siapa saja, walaupun dia anak lulusan SMA yang menjadi teman satu outlet anda. Open-minded men.

10. Nomor HP
Jangan punya 2 nomer HP, kalau toh punya, jangan biarkan relasi, dosen atau orang yang menyangkut pekerjaan anda memiliki keduanya. Jadilah orang yang mudah dihubungi, sekalipun anda punya banyak kartu karena jualan pulsa.



Ya, itu tadi sedikit tips buat kawan – kawan yang ingin mencoba mengawali lembaran hidupnya untuk merasakan gaji tiap bulan. Semoga bermanfaat, langsung aja “tebar benih” setelah ini, masukkan CV ke berbagai tempat dan tunggu mana yang memanggil anda, interview, kerja deh. Thinks smart, talk less do more kan, kalau ada yang perlu ditambahkan monggo, mari berdiskusi dengan memberikan komentar agar sama-sama dapat pencerahan lebih lanjut kawan.


semoga bermanfaat
@gostaff

You Might Also Like

4 comments

Subscribe