Jalan Gula Surabaya


Jalan Gula ini salah satu jalan (bukan) protokol di Surabaya, tapi bagi anda para fotografer, tentu tidak asing dengan Jalan Gula.

ada beberapa blog yang sudah me-review nya :

http://getolmoto.info/720/jalan-gula-surabaya
http://blueaurora.wordpress.com/2011/05/31/dari-rumah-tembakau-sampai-jalan-gula/
http://fairyonme.blogspot.com/2011/05/jalan-gula-surabaya.html

yak, ikutan nulis tentang Jalan Gula ah, 

Akses? 


Yak, begitu masuk kawasan kya-kya [jalan Kembang Jepun], anda langsung pasang badan siap - siap ambil haluan kanan, kurang lebih 700m dari gerbang masuk, belok kanan masuk jalan Srompetan "sedalam" 700m juga kurang lebihnya . Tepat kanan jalan (lihat Peta) ada Jalan Gula.

Sebenarnya, ini hanya sebuah gang kecil, namun yang menarik dari jalan ini adalah, bangunan kanan-kiri jalan yang merupakan peninggalan Jaman Belanda, sehingga tampak tua dan kebanyakan tidak terawat. Bagi Fotografer yang mencari suasana klasik kolonialis pasti pas untuk menggunakan berbagai bangunan di sepanjang "jalan" ini sebagai Setting Foto. 

Satu lagi yang menguntungkan adalah cahaya yang teduh di cuaca panas sekalipun, mungkin karena rata-rata bangunan di jalan ini 2-3 lantai. Hal ini saya yakin akan sangat membantu fotografer menentukan pencahayaan yang diinginkan.

Tips : ke Jalan Gula saat libur hari besar, karena akan membuat sekeliling Jalan lebih sepi. maklum, aktifitas bisnis, dagang dan bongkar muat di sekitar Kya-kya dan umumnya Surabaya Utara kan luar biasa Buk.

Sekian, semoga membantu.
@gostaff

*jalan ini sepi, sereem 




Gustaf Wijaya Web Enthusiast

Saat ini berdomisili di Jakarta, satu dari sekian ribu pegawai Lembaga Penelitian terbesar milik Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik pasti meninggalkan feedback