Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi

22:39


Tulisan ini juga tersedia di Kompasiana :) selamat membaca

Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi

Semoga bermanfaat bagi teman – teman kelas 12 yang sedang menentukan kemana pijakan berikutnya selepas SMA. Berikut beberapa hal yang patut diperhatikan saat memilih jurusan untuk kuliah :



1. Menyesuaikan Cita-Cita, Minat dan Bakat
Mau jadi dokter jangan masuk jurusan geodesi.
Tidak bisa pelajaran kimia jangan maksain ke farmasi.dst.
Banyak sekali mahasiswa yang putus kuliah atau terseok – seok kuliahnya karena memilih jurusan yang teryata tidak sesuai dengan bakat dan minatnya. Salah satu cara paling mudah untuk menghindari hal itu (salah jurusan) adalah dengan mendeteksi di pelajaran – pelajaran apa kita merasa berkembang, kemudian mencari info mata kuliah apa saja yang ada pada jurusan idaman kita.

2. Informasi yang Sempurna
Carilah informasi yang banyak sebagai bahan pertimbangan untuk memilih jurusan. Cari dan gali informasi dari banyak sumber seperti orang tua, saudara, guru, teman, bimbel, tetangga, konsultan pendidikan, kakak kelas, kakaktua, cendrawasih, jalak bali..????? (lha) teman mahasiswa, profesional, dan lain sebagainya. Jangan mudah terpengaruh dengan orang lain yang kurang menguasai informasi atau ikut-ikutan teman / trend. Cari situs forum atau chating melalui messenger dengan orang yang dapat dipercaya.

3. Lokasi dan Biaya
Bagi orang yang hidup dalam ekonomi atas, memilih jurusan tidak akan menjadi masalah Bagi masyarakat golongan menengah ke bawah, lokasi dan biaya merupakan masalah yang sangat diperhitungkan. Hitung sendiri dah, keluar berapa disana dan berapa yang dikeluarkan kalo disitu.

4. Daya Tampung Jurusan / Peluang Diterima
Siapkan diri anda untuk Jalur Undangan, jalur baru yang daya tampungnya paling banyak (rencananya).
2013, perhatikan perubahan peraturan Ujian Tulis Masuk PTN, beberapa artikel ini mungkin membantu anda :
http://www.jpnn.com/read/2012/10/10/142716/SNM-PTN-Jalur-Ujian-Tulis-Tidak-Jadi-Dihapus-
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/10/1914570/Tahun.Depan.90.Persen.Seleksi.Masuk.PTN.Lewat.Jalur.Undangan.
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/09/373/607826/ujian-masuk-ptn-gratis

Perhatikan daya tampung suatu jurusan di PTN dan PTS favorit. Pada umumnya memiliki kuantitas yang terbatas dan diperebutkan oleh banyak orang. Jangan membebani diri kamu dengan target untuk berkuliah di tempat tertentu dengan jurusan tertentu yang favorit (banyak peminat). Kamu bisa stres jika kehendak tidak terpenuhi. Buat banyak pilihan tempat kuliah beserta jurusannya, gagal A, ke B, gagal B, ke C, tapi ingat, perhitungkan juga biaya yang dikeluarkan, makin banyak opsi yang diambil, selain makin tidak fokus, juga makin banyak uang keluar sebagai biaya pendaftaran.

Ukur kemampuan untuk melihat sejauh mana peluang menempati suatu jurusan di tempat favorit. Pelajari soal-soal seleksi dan ikuti ujian try out sebagai percobaan dalam mengukur kemampuan yang dimiliki.
Namun jangan terlalu minder dengan hasil yang didapat. Untuk ujian tulis dengan 2 jurusan yang dapat dipilih, pilih satu jurusan tempat yang dicita-citakan dan satu jurusan lain yang sedikit di bawah kemampuan, sebagai jaga-jaga jika pilihan 1 gagal. Banyak siswa SMA yang gagal saat ujian tulis karena pilihan yang salah, bisa karena pilihan 1 dan pilihan 2 sama tingginya, atau pilihan 2 justru lebih tinggi dari pilihan 1.

5. Masa Depan, Karir dan Pekerjaan
Lihatlah ke depan setelah kamu lulus nanti.  Apakah jurusan yang kamu ambil nanti dapat mengantar kamu untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang baik?. Banyak jurusan-jurusan yang saat ini lulusannya menganggur tidak bekerja. Tidak hanya orang dari jurusan tertentu saja yang dapat bekerja pada suatu profesi, karena saat ini rekrutmen perusahaan dalam mencari tenaga kerja tidak melihat seseorang dari latar belakang pendidikan saja, namun juga pengalaman kerja dan apa saja hal diluar kuliah yang dilakukan.
Jika anda ingin masuk kedokteran, siap-siap nantinya sering piket di Rumah Sakit malam- malam, tapi siap juga bergaji tinggi. Jika jurusan kependidikan, siap-siap menjadi guru yang baik.

Semua pilihan ada plus minusnya, tinggal anda yang tentukan, 
choose what you love, love what you choose

Kuliah adalah narsis yang pindah tempat :)



Semoga bermanfaat,

@gostaff

You Might Also Like

2 comments

Subscribe