Pinterest Adalah

17:21


Apa itu pinterest?
Pinterest adalah satu bentuk social Media berbasis foto. Memungkinkan anda memposting ulang sebuah pin, seperti fitur re-blog pada Tumblr.com. Anda bisa memposting Foto anda sendiri, atau memposting ulang milik orang yang anda follow.
coba buka pinterest.com dan buat akun disitu deh, saat bikin akun, anda diarahkan untuk follow beberapa akun pinterest yang sudah popular, juga diajak mencari teman email, FB atau Twitter yang sudah ada di pinterest.


pas udah jadi, begini tampilannya :







Apa itu pin?
Sebuah postingan di Pinterest disebut dengan pin, jadi diibaratkan kita ngepost di pinterest, itu sama halnya kita nge-pin sebuah gambar di Board. (Lihat panah biru + kotaknya) itu adalah 1 pin, dibawah gambar, ada deksripsi gambar, bawahnya lagi, informasi siapa saja yang telah re-pin (posting ulang) gambar itu. Jadi, re-pin sama halnya re-blog di tumblr, sangat lumrah dilakukan di sini. Ketika sebuah pin dibuka (diklik) maka akan muncul zooming seperti ini (lihat gambar sandal) ada pilihan, Pin it (untuk re-pin) like dan website (untuk melihat source aslinya). Disebelah kanan ada info pin lain dari akun asal pin. Dibawah gambar, ada history di re-pin siapa aja gambar itu serta tempat untuk komentar.



Apa itu Board?
Board kan = papan, jadi kita ngepost di pinterest sama dengan menempelkan pin tadi kita di papan kita (baca : board). Board itu seperti halnya profil FB kita, hanya saja, di Pinterest, profil kita berisi kumpulan board-board yang telah kita buat. Bagaimana membuat board di pinterest? (lihat panah hijau).  Kita dapat menamai Board kita sesuai isi yang tentu setipe/satu kategori, tidak harus demikian memang, tapi untuk memudahkan orang mengekslorasi board kita, disarankan demikian.



Menu-menu lain bisa dilihat dengan klik username di pojok kanan atas (lihat gambar oranye)
Siapa yang kita Follow akan muncul di sebelah kanan atas profil kita (lihat panah ungu)

Verifikasi Web
Tidak seperti di Twitter, di sini kita harus melakukan verifikasi website yang kita pajang (lihat panah merah). ada 2 cara verifikasi, yakni lewat upload html ke hosting kita (bila anda menggunakan web hosting) atau menambahkan kode verifikasi ke template blog anda (bila pake blog).

Jadi, kesimpulannya, Profil > Board > Pin (profil kita terdiri dari berbagai Board yang berisi banyak pin).
Sejarahnya Pinterest,dari 2010 saat di launching, pinterest saat ini menduduki peringkat ke-3 soc-med, sayang, di Indonesia kurang begitu familiar, padahal di US booming luar biasa.

Kelebihan Pinterest
1. Gudang Inspirasi berbagai hal, contoh, ada category untuk Fashion bagi cowok, juga bagi cewek, cek aja disini : http://pinterest.com/all/womens_fashion/ atau inspirasi foto wedding? di sini : http://pinterest.com/all/weddings/
2. Bisa dimanfaatkan untuk katalog produk, tapi sayang memang, di Indonesia belum familiar banget, jadi belum “basah” untuk jualan.

Kekurangan Pinterest
Apa ya? silahkan daftar dulu aja deh :P


Semoga bermanfaat
@gostaff

You Might Also Like

2 comments

Subscribe