AddToAny

Tips Menyimpan Buku

Senang dengan buku? kata orang, buku adalah jendela dunia. Pak Khoiri dosen saya, menyisihkan honor dari menulis artikel koran saat kuliah untuk membeli 3-4 buku per bulan. Pak Dahlan Iskan mengatakan bahwa semua yang beliau dapat hari ini berawal dari menulis, dan ingat? apa saja dari beliau bisa jadi buku, mulai dari sepatu hingga yang terbaru, ide mobil listriknya. 


Saya pribadi, dalam konteks kata "buku" tidak mempermasalahkan apakah ini buku Asli ataupun fotokopian. Mungkin bagi penerbit, fotokopian adalah haram, tapi bagi mahasiswa yang buku aslinya sudah tidak beredar di pasaran? tidak ada jalan lain kecuali fotokopi kan? meskipun ada alasan lain yang lebih masif, ekonomi. Patut disayangkan, di jaman sekarang, ada banyak siswa/mahasiswa yang tidak lagi peduli dengan buku, contoh simpel, membaca yang hanya disuruh dosen, atau mengkopi yang akan dibahasnya ketika kuliah saja. Anda salah satunya? padahal ketika kita mempunyai buku itu utuh, meskipun kopian, makna, pandangan dan wawasan kita akan lain.

Oke, to the point. 
salah satu baris di rak buku saya *ting


Berikut tips merawat buku, yang kebetulan saya temukan di beberapa majalah dan saya jadikan satu :)

1. Susunlah buku-buku seperti di toko buku, atau perpustakaan. Pisahkan sesuai kategori, fiksi non-fiksi dan seterusnya. Tapi, jika kesulitan memilah sesuai kategori, tempatkan sesuai frekuensi juga boleh, semakin sering diambil, semakin dekat dengan tangan. Jika ingin inspirasi tentang menata buku, kunjungi saja bookshelfporn.com tenang, bukan porn yang jorok kok :)

2. Perpanjang umur buku dengan sampul. Satu gulung sampul kecil 3500an, yang gede 7000an, murah kalau dibanding dengan kemampuannya memperpanjang umur buku kita. In sha Allah, jika kita rajin menyampul tiap buku baru satu demi satu segera setelah beli, maka semua terasa ringan, kecuali anda punya buku satu almari dan baru akan menyampulnya hari ini, bawa temen deeh :))

3. Lemari berlapis kaca adalah rak terbaik, terhindar dari debu,tapi bisa dilihat keindahan tata buku anda dari luar. 

4. Jangan meletakkan rak di tempat yang lembab, atau setidaknya, hindarkan dari bocor, air dan sejenisnya, buku dari kerta dan anda tahu bagaimana katika kertas basah kan? atau buku yang jadi berjamur karena lembab.

5. Jika anda menyimpan majalah, untuk mengurangi tumpukan, kliping yang penting, sisanya kiloin :)) tapi kalau emang sayang dengan majalahnya, bisa dijidi per 20 edisi atau sesuai selera anda, untuk mempermudah pencarian dan penyimpanan. 

hehe, nampaknya rak buku saya juga perlu ditata, aduh malu, hehe, mari mencintai buku 
semoga bermanfaat 
@gostaff
author
Gostaff
Penikmat kopi arabica yang suka rak buku dan seisinya