Apa itu Hallowen?

Google Doodle pada Hallowen beberapa tahun yang lalu. Tampak menggunakan tema Scooby Do. Kartun  legendaris yang mengusung tema komedy-horor yang memang cocok dengan tema Hallowen/ Telegraph.co.uk



Apa itu Hallowen?
Hallowen itu acara hantu-hantuan rame-rame di 31 Oktober Malam.

Pernah ikut?
Tidak

Lalu?
Ya sudahlah, yang penting kita tahu Hallowen itu apa. 

Emang Apaan? Asalnya gimana? 
Asalnya hallowen begini sodara, pada abad ke-5 SM, orang Kelt memperingati Festival Samhain setiap akhir Oktober. Mereka percaya bahwa itulah saat ketika para arwah dan makhluk gaib sedang aktif-aktifnya bergentayangan. 31 Oktober dipercaya oleh orang Kelt hari di mana dunia kita dengan dunia arwah connected gara-gara pintunya terbuka.


Siapa itu orang kelt? 
Orang Kelt adalah orang Yunani Kuno, tapi kemudian mendiami daerah macam Irlandia, Wales, Skolandia dan beberapa daerah di Eropa lainnya, lebih lengkap lihat gambar ini : http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Celts_in_Europe.png

Apa itu Festival Samhain? 
Festival Samhain merupakan perayaan akhir musim panen dalam kebudayaan orang Gael, dan kadang-kadang disebut "Tahun Baru Kelt". Orang Kelt yang menganut paganisme secara turun temurun menggunakan kesempatan festival untuk menyembelih hewan ternak dan menimbun makanan untuk persiapan musim dingin.

Apa itu Paganisme? 
Pemuja setan bro.

Siapa itu orang Gael? 
Orang yang menghuni daerah utara britania. Klik gambar ini agar lebih jelas : http://en.wikipedia.org/wiki/File:Map_Gaels_Brythons_Picts.png

Trus gimana kok bisa jadi Halloween?
Abad ke-1 M, Orang Romawi menaklukkan orang Kelt dan mengadopsi kebiasaan Samhain yang mistis itu. Abad ke-7 M Konon, Paus Bonifasius IV meresmikan perayaan tahunan Hari Semua Orang Kudus untuk menghormati para martir. abad ke-11 M 2 November ditetapkan sebagai Hari Semua Jiwa, yaitu peringatan untuk orang mati.

Apa itu Martir? 
ini mirip sama Jihad dalam Islam. 

Kenapa kok dinamakan Hallowen?
Abad ke-18 M adalah saat dimana nama Halloween mulai ada, Hallowe’en (Hallow Evening), disambung menjadi Halloween dalam tulisan tercetak. (Hallow = Menyucikan). Halloween merupakan kependekan dari All Hallows' Even (eve dan even sama-sama berarti petang/malam) yang berarti malam sebelum hari raya All Hallow yang sekarang disebut Hari Raya Semua Orang Kudus (All Saints Holy Day). Huruf "n" di akhir kata Halloween berasal dari kata even.

Kok tenar di Amerika Bro? 
Abad ke-19 M.  Ribuan orang pindah dari Irlandia ke Amerika Serikat, mereka membawa juga kebiasaan-kebiasaan Halloween. Belakangan, kebiasaan itu dicampur dengan kebiasaan serupa yang dibawa para pendatang Inggris dan Jerman, serta Afrika dan negeri-negeri lain. Jadi tokoh setannya ndak cuma labu doang.ThenHalloween menjadi perayaan yang populer di Amerika Serikat. (ada yang lain sih, semacam Thanksgiving dan Natal juga popular toh). Sekarang, Halloween = Hari untuk keruk untung, mulai dari EO sampai tukang sewa kostum (lol)

Kenapa pake labu?
Simbol-simbol perayaan Halloween menggambarkan keadaan alam di musim gugur, termasuk labu hasil panen dan orang-orangan sawah sebagai penjaga hasil panen. Selain itu, simbol-simbol Halloween juga dekat dengan kematian, keajaiban, monster, dan karakter menyeramkan hasil rekaan pembuat film Amerika dan perancang grafis.

Karakter film horor klasik seperti drakula atau monster Frankenstein juga dipakai untuk perayaan Halloween. Hitam dan oranye dianggap sebagai warna tradisional Halloween, walaupun sekarang banyak juga barang-barang Halloween berwarna ungu, hijau dan merah.

Simbol Halloween secara universal adalah labu yang diukir membentuk wajah "menyeramkan" yang disebut Jack-o'-lantern. Di dalam Jack-o'-lantern biasanya diletakkan lilin menyala atau lampu agar terlihat lebih seram di tempat gelap.

Di Amerika Serikat, lentera Jack-o'-lantern sering diletakkan di depan pintu masuk rumah sesudah hari mulai gelap. Tradisi mengukir Jack-o'-lantern berasal dari Amerika Utara yang banyak menghasilkan labu berukuran besar.

O gitu, sudah makan?
belum

Makan yuk? 
Sok atuh (menuju ke dapur dan merebus mi instan)

@gostaff