AddToAny

Liburan Akhir Tahun Ini Anda Kemana?


Tidak perlu mekso, melihat teman liburan akhir tahun ke Paris, lalu kamu foto dengan pose kepanasan di tembok kamar yang putih polos, kemudian dengan bantuan Sutoshop kamu edit background  yang polos tanpa dosa tadi menjadi Hawaii gitu???

Sudah, liburan memang menyenangkan, tapi tidak semua liburan harus identik dengan luar negeri, luar kota, wisata alam atau menyelam di tengah banjir diskon abal-abal. Namun, jika memang berencana keluar sejenak dari rutinitas, berikut 10 Tips buat liburan akhir tahun buat kamu:

1. Tentukan Tujuan.
Jika sudah menentukan, selamat, kamu tinggal berangkat ke TKP (atau tinggal berangkat menabung, hehe). Danau? Pantai? Gunung? Kebun Binatang? atau Taman Kota? Boleh lah, asal jangan sampai pamer ya, di luar sana banyak orang tidak bisa berlibur akhir tahun, entah karena kerjaan atau memang dompet sedang mepet.

Untuk membantu memilih mana yang akan kamu tuju, coba list mana saja tempat yang sudah pernah kamu kunjungi. Kalau sudah dikunjungi, mengapa tidak coba yang lain bro? nah, berikutnya list tempat yang ingin kamu datangin, cari reviewnya di internet agar tahu pasti berapa biasa dan berapa lama bisa ditempuh dari tempat kamu.

2. Segera Pesan Tiket Transportasi, Pesan Tiket Venue dan Booking Hotel
Ini kalau liburan jarak jauh ya, kalau liburannya ke kolam sebelah rumah ya ngapain .. (kolam lele)

Catat: Jika pernah mengunjungi destinasi A misalnya, coba kenalan dengan dengan salah satu guide-nya. Terus jalin komunikasi yang baik, saat kamu ingin ke tempat itu lagi, jadi gampang minta diskon kan bro? lumayaan.

3. Teliti Menghitung Biaya Perjalanan
Biasanya, harga kamar hotel atau tiket transportasi akan melonjak naik menjelang liburan akhir tahun. (sekali lagi, jika liburanmu di kolam lele sebelah rumah, abaikan tips pada poin ini)

Hitung dengan cermat berapa biaya untuk transportasi, menginap (jika tetangga sebelahmu minta tarif, lah), makan, hingga berbelanja suvenir. Jangan lupa untuk membawa daftar rincian tersebut saat Anda berpergian.

Tips belanja suvenir: Jangan beli satu-satu, jika memungkinkan, belilah yang banyak  pada satu toko/penjual saja, harga akan miring nyaris ambruk bro!! (logis kan)

Jangan sampai biaya perjalanan menguras isi dompet kamu sampai habis lho! Kata Utha Likumahuwa, Esok Kan Masih Ada…

4. Siapkan fisik dan surat cuti (jika memang perlu)
Liburan akhir tahun = kurang tidur karena menjelang pukul 00.00 saat pergantian tahun kamu arus melek menyambutnya = bakal begadang. Nah, jika Anda tidak terbiasa tidur selarut itu, maka badan akan mudah terserang sakit. Nah, kalau sudah sakit, percuma toh kalau ke Paris hanya untuk pindah lokasi kerokan, plis.

Jika kantor kamu memang memperbolehkan cuti pas akhir tahun untuk nambah durasi liburan, monggo dimanfaatkan, kode atasan dari sekarang, jangan sampai sudah booking ini itu, janji dengan si inu eh ternyata anda tidak dapat jatah libur, kan kacian…

5. Ingat, hidup must go on setelah liburan bro.
Sisakan tenaga untuk pulang, sisakan tenaga untuk memikirkan yang penting : Resolusi 2014!! Karena sesunggunya memulai tahun baru itu sebaiknya dengan penuh harapan, bukan dengan hibernasi.

6. Coba hal kreatif
Kadang tidak perlu liburan jauh ke pucuk gunung Eiger bro, cukup ke museum dekat rumah, Kolam lele sebelah rumah (lagi), atau ke Pasar Bunga belakang rumah, coba deh kamu gali rumahmu. *eh

7. Jangan ke Mall
DISKON 70% HANYA UNTUK MALAM TAHUN BARU INI SAJA,
Ini penipuan. Karena faktanya, diskon 70% tidak hanya hri itu, lusa saat valentine juga ada, saat imlek juga ada (Februari) saat menjelang liburan sekolah (Juni) saat Idul Fitri (Juli) dan tanggal lahir negeri kita juga ada (Agustus) saat Idul Adha juga ada (diskon kambing?) saat menjelang natal juga ada (Desember) so? Kena deh…

8. Bawa uang tunai atau kartu debit?
Ada berbagai Pos penjagaan di sini : Pos Persiapan, Pos Transportasi & Akomodasi, Pos Jajan &Makan, Pos Belanja, serta Pos Kegiatan (tiket masuk taman hiburan, sewa Banana Boat, dan lainnya).

Uangnya receh ya bro, uang pecahan besar seperti 100 atau 50 ribu akan menyulitkan pedagang saat memberi anda kembalian. Salah juga sih kalau bawa kartu debit ke Kawah Ijen, di atas tidak ada yang terima visa atau master card deh kayaknya.

9. Resapi makna berlibur
Sebelum merencanakan liburan, pastikan kamu paham apa tujuan liburan. 

Apa makna liburan.Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia :
 Libur = pergi (bersenang-senang, bersantai-santai, dsb) menghabiskan waktu libur; bervakansi


Bagi saya dan keponakan saya, Shafin, liburan adalah saat untuk unjuk gigi #senyumMerkOdolTerlarisIndonesia

Nah, yang paling penting adalah, apalah arti pergi ke HongKong, tapi selama di sana merana karena harus berhemat belanja?

Kata Prita Ghozie (Twitter @PritaGhozie) “Nikmatilah liburan Anda sesuai dengan dana yang dimiliki. Dan jangan gunakan kartu kredit untuk mendanai liburan Anda!” yee, pencitraan dong bro. Palsu..

Selamat berlibur ya (bulan depan…)

Semoga Bermanfaat, ternyata tipsnya hanya 9 mas bro.
@Gostaff




author
Gostaff
Penikmat kopi arabica yang suka rak buku dan seisinya