Orientasi CPNS LIPI 2015

21:24

Masa awal di tempat baru adalah salah satu hal yang krusial dalam kehidupan seseorang, termasuk di dunia kerja. Februari tahun 2015 ini menjadi sebuah momentum oenting di mana saya hijrah dari Surabaya menuju Ibukota tercinta, Jakarta.

Ya, masuk Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia menjadi sebuah jawaban setelah saya dan 249 cpns lainnya menjalani proses tes cpns seleksi jalur umum selama kurang lebih 6 bulan. A gift yang saya syukuri dalam - dalam mengingat tahun depan hingga 2019, ada wacana bahwa akan diberlakukan moratorium (yang otomatis membuat saya akan jadi paling junior di kantor,untuk 4 tahun ke depan)

Yap, kami dijadwalkan melakukan orientasi di internal LIPI, tentu, sebagai lembaga penelitian terbesar di Indonesia, cpns nya banyakan peneliti dong, tenaga administratif seperti saya, tidak lah sebanding jumlahnya dengan para calon peneliti a, b,c, d.

Day 1
Foto dulu dengan rekan selantai (berarti 1 satker yang sama)

A photo posted by Gustaf Wijaya (@gostaff) on


Oh, ya kenalin, paling kiri mas Iqbal Firmansyah, dari ekonomi UNPAD, ahlinya keuangan. Next, saya, sebelah saya Mbak Renata, dari HI UGM, ahlinya kerjasama luar negeri. Paling pojok Mbak Arum, dari DKV UNS, ahlinya desain. Saya paling anak-anak -.-"

Hari pertama kami berisi pembukaan di auditorium LIPI Gatot Subroto, pembagian kaos dan kelengkapan lain, sore kami ke penginapan di Puncak. Malam ada pembekalan dari Biro SDM LIPI tentang karir PNS di sini.


Day 2
Outbond di resort, game abcd dan seterusnya. Siang kami ke Cibinong. Dulu sejak jaman Bung Karno katanya, MIPI (cikal bakal LIPI dikasih tanah lias di Cibinong untuk pengembangan sains di Indonesia. Di sini berbagai pusat penelitian, khususnya anak kanak ilmu hayati berada. Salah satu yang gedungnya fresh adalah InaCC, Indonesia Culture Collection. Ini salah satu bank kultur terbesar di dunia bray.

Day 3
Hari ke-3 kami ke Bandung. LIPI memiliki sebuah kampus di Bandung, deket ITB.
Isinya ITnya LIPI, beberapa lab Kimia.
Lalu back ke Resort di Puncak, tempat kami menginap.
Waktu kami habis di bis hari itu, bisnya sih standart jetbus lah, Adiputro punya, sudah nyaman terkendali. Mercy pula, walah, bahas bis.

A photo posted by Gustaf Wijaya (@gostaff) on
Malamnya kami ada performance per bis. Bis 3 saya juara 3, ya yang penting happy lah ya.


Day 4
Cek out. Kami ke Serpong, ada kampus LIPI di Serpong. Kelompok kami kebagian ke salah satu fasilitas laboratorium uji, buat nguji alat-alat elektronik sebelum dijual, cek it
A photo posted by Gustaf Wijaya (@gostaff) on
Yang menyenangkan, di bis 3, ada 3 orang dari Surabaya, 1 Saya, anak Trenggalek yang kemudian merantau ke Surabaya. 2 belakang saya, Mas Fikri, calon Peneliti Kependudukan, 3, Hendy, staff Biro SDM, yang pake sweater dan kacamatanya keren itu, sebelah kanan. Ya, we love you SBY!
kami kembali ke LIPI Gatot Subroto, solat Jumat, Penutupan dan terakhir, terima SK pengangkatan CPNS. Alhamdulillah


Kesimpulannya, banyak fasilitas LIPI yang akhirnya kita tahu, lembaga ini keren. Kita jadi paham jenjang karir di LIPI. Dan terakhir, nambah koneksi. Salam Damai.

You Might Also Like

0 comments

Subscribe