150 Siswa Se-Jabodetabek Ikuti Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah

22:11

repost untuk dokumentasi penulis

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyelanggarakan rangkaian final Kompetisi Ilmiah, yakni Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) dan National Young Inventor Awards (NYIA). Kegiatan berlangsung selama empat hari, mulai Selasa hingga Jum’at (25 – 28/8) lalu di Jakarta. Dalam salah satu rangkaian kegiatan tersebut, LIPI juga mengundang sekolah – sekolah se-Jabodetabek untuk mengirimkan 2 Siswa sebagai peserta Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah.
Pada Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah tahun ini, tercatat diikuti oleh 150 peserta dari 75 Sekolah se-Jabodetabek. Keseluruhan jumlah tersebut dibagi menjadi 2 kelas, yakni Kelas A dan Kelas B. Kedua kelas tersebut memiliki pembahasan berbeda, yakni bidang penelitian IPA dan IPS.
Adapun sebagai instruktur untuk kelas A adalah Dr. Achmad Dinoto, Kepala bidang Mikrobiologi, Pusat Penelitian Biologi LIPI, sekaligus pimpinan InaCC (Indonesian Culture Collection). InaCC adalah salah satu Bank Kultur terbesar di dunia. Kelas A mewakili bidang penelitian Ilmu Pengetahuan Alam.
Sedangkan untuk kelas B, diisi oleh Dr. M. Alie Humaedi S.Ag, M.Ag, M.Hum. Ali adalah peneliti Madya di Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan LIPI. Beliau juga adalah instruktur Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) LIPI. Kelas B mewakili bidang penelitian Ilmu Pengetahuan Sosial.
Fikri, salah satu peserta pelatihan menuturkan bahwa pengalaman ini sangat berharga, jarang ada dan perlu lebih sering diadakan. “Kami sangat membutuhkan ilmu – ilmu seperti ini, bagaimana menuangkan ide menjadi proposal yang baik hingga menjadi sebuah penelitan yang baik” tuturnya.
 Pamor kegiatan Karya Ilmiah Remaja (KIR) tampaknya sedang menanjak di sekolah kawasan Jabodetabek. Terbukti dengan terpilihnya Erni, dari SMA Negeri 63 Jakarta yang menjadi pemenang pertama LKIR Bidang  Kependudukan, Ide Nada dari SMAN 49 Jakarta yang menjadi pemenang ketiga LKIR bidang IPT dan Stella Chandra dari SMA Sampoerna sebagai pemenang Harapan 2 LKIR Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan. Ketiganya terbukti adalah anak yang aktif pada komunitas KIR di sekolahnya. (gst)

You Might Also Like

0 comments

Subscribe