LIPI Berikan Penghargaan kepada Pemenang Kompetisi Ilmiah Remaja

22:05


Repost untuk dokumentasi penulis
Dengan telah dilakukannya penilaian terhadap semua finalis, maka terpilihlah deretan pemenang Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) dan National Young Inventor Award (NYIA) pun diumumkan pada Malam Penganugerahan yang dihelat pada hari Kamis (27/8) di Auditorium Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Jakarta. Malam penganugerahan ini diawali dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana, Nur Tri Aries Suestiningtyas yang juga Kepala Biro Kerjasama Hukum dan Humas LIPI.

Selanjutnya, sambutan dari Ketua Dewan Juri, LT.Handoko. Dalam sambutannya, Handoko menyampaikan rasa kagum yang luar biasa atas karya – karya yang telah dihasilkan oleh para peneliti muda. “Karya finalis tahun ini lebih sulit untuk dipilih pemenangnya, tingkatan karyanya lebih advance dan lebih rumit,” ungkapnya. “Kalian telah mengalahkan 2000an proposal yang masuk, maka semua yang ada di sini adalah pemenang,” tambahnya.
Sementara, Sekretaris Utama LIPI, Siti Nuramaliati Prijono juga menyoroti peningkatan jumlah proposal yang masuk sebesar 30% dibanding pendaftar pada LKIR tahun lalu. Khusus pada tahun ini, Perhimpunan Biologi Indonesia yang dipimpin oleh beliau, juga memberikan special award kepada 3 karya, yakni 2 karya LKIR dan 1 karya NYIA.
Kepala LIPI, Prof. Dr. Iskandar Zulkarnain, yang juga hadir pada malam itu, memberikan selamat dan apresiasi yang sebesar – besarnya kepada semua finalis kompetisi ilmiah LIPI. Iskandar berpesan kepada seluruh finalis agar keinginan mengembangkan diri melalui karya ilmiah tidak berhenti sampai di sini. “Kalian harus menjadi generasi penerus yang tangguh dan senantiasa menghasilkan ide – ide brilian untuk Indonesia yang lebih baik” tegasnya.
Adapun pemenang pertama Kompetisi Ilmiah tahun ini, didominasi oleh SMA Negeri 3 Semarang. Sekolah tersebut berhasil mencatatkan perwakilannya sebagai pemenang pada LKIR dan NYIA tahun ini. Berikut daftar pemenang Kompetisi Ilmiah LIPI selengkapnya :
1. Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan:
Nurkholifatul Maula dan Putri Rahayu Budiman, MAN Insan Cendekia Jambi
“Pengaruh Eksistensi Sawit Terhadap Integrasi Sosial Masyarakat Transmigrasi Desa Sumber Harapan Kecamatan Pelepat Ilir, Kabupaten Muara Bungo, Jambi"
2. Ilmu Pengetahuan Hayati:
Achmad Ilham dan Cenanda, SMA N 3 Semarang
“Pengaruh Modulus Young Terhadap Cepat Rambat Rangsang pada Jaring Laba-laba”
3. Ilmu Pengetahuan Teknik:
Aristo Kevin dan Maulanan Imam, SMA N 3 Semarang
“Elektrodeposisi Material Komposit Zn-PP sebagai Pelapis Karat”
4. Ilmu Pengetahuan Kebumian dan Maritim:
Ni Putu Intan dan Cok Laksmi Pradna, SMA N 3 Denpasar
“Evaluasi Pemanfaatan Fitoplankton melosira sp, navicula sp, nitzschia sp, di Perairan Bali dan Lombok Sebagai Sumber Antibiotika”
5. Bidang Kependudukan:
Erni, SMA N 63 Jakarta
“Motif Sosial Berwirausaha Pelajar SMA dan SMKN Jakarta Selatan sebagai Gambaran Kesiapan Indonesia Menuju Bonus Demografi”
6. Pemenang NYIA:
Bayu Aji Setyawan dan Galih Yuli Dwiatmaja, SMK Negeri 1 Kedung Wuni, Purwokerto, Jawa Tengah
"AS-SHUR: Teknologi Robot Pembersih Udara"
Special Award LKIR
1. Pupoes Biworo dan Achmad Nurul Yaqin (MTsN II Kediri Jawa Timur) dengan judul karya “Daya Astrigensia pada Getah Tanaman Sono Kembang (Pterocarpus indicus) sebagai Anti septik Alami dan Ekonomis,”
2. Lailatul Fatkhiyah dan Noor Laila Safitri (MAN 2 Kudus Jawa Tengah) dengan judul karya “Pengaruh Gelombang Suara Musik Klasik untuk Meningkatkan Pertumbuhan Brokoli,”
Special Award NYIA
1. Izza Aulia Putri Purwanto dan Hanun Dzatirrajwa (SD IT Al Islam Kudus, SD IT Bina Amal Semarang) dengan judul karya "Helper Mirror"
Selanjutnya, pemenang LKIR akan diseleksi ulang menjadi 3 tim terbaik untuk mewakili Indonesia di ajang The Intel International Science and Engineering Fair (Intel ISEF) di Phoenix pada 2016 mendatang. Sedangkan Pememang NYIA akan diseleksi ulang menjadi 3 terbaik untuk mewakili Indonesia pada ajang International Exhibition for Young Inventors 2016 di India. (gst)

You Might Also Like

0 comments

Subscribe