LIPI Sosialisasikan KIPNAS ke Ujung Timur Indonesia

Repost untuk keperluan dokumentasi penulis.

(Jayapura – Humas LIPI). Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional (KIPNAS) XI yang akan dilaksanakan 8-9 Oktober menjadi salah satu agenda besar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada tahun ini. 

“Dengan tema ‘Signifikansi dan Kontribusi Ilmu Pengetahuan bagi Indonesia Sejahtera’ LIPI bersama dengan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi kami mengundang segenap sivitas dari kampus – kampus di seluruh Indonesia, untuk turut memberikan sumbangan pemikiran positif bagi bangsa Indonesia” papar Sekretaris Utama LIPI Dr. Siti Nuramaliati Prijono, di Universitas Cendrawasih, Jayapura, Papua pada Rabu (9/9) lalu.

Sosialisasi KIPNAS XI di Universitas Cendrawasih Jayapura ini menjadi salah satu dari serangkaian sosialiasasi serupa yang akan dilaksanakan di beberapa universitas unggulan di Indonesia. Acara sosialisasi serupa telah dilaksanakan di ITB Bandung, serta juga akan dilaksanakan di UI, UGM, Universitas Syiah Kuala, dan beberapa kampus lainnya. “Hasil – hasil KIPNAS XI diharapkan dapat menjadi rekomendasi yang positif bagi pemerintahan Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo,” jelasnya.

KIPNAS merupakan forum pertemuan para ilmuwan Indonesia untuk mendiskusikan khasanah kemajuan ilmu pengetahuan di Indonesia, serta peran sertanya dalam membangun peradaban bangsa. KIPNAS pertamakali diselenggarakan pada tahun 1958 di Malang. Saat itu KIPNAS diselenggarakan oleh Majelis Ilmu Pengetahuan Indonesia (MIPI) yang menjadi cikal bakal LIPI.

Pada waktu penyelenggaraan KIPNAS ke-III (1981) LIPI diberi kepercayaan sebagai penyelenggara. Kemudian sesuai dengan dinamika serta kemajuan pemikiran perkembangan ilmu pengetahuan, mulai KIPNAS ke-IV sampai dengan KIPNAS ke-X (2011), dalam penyelenggaraannya LIPI bekerjasama dengan Dirjen Pendidikan Tinggi yang kini berada dalam wadah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Selain KIPNAS, pada saat yang sama juga akan diselenggarakan Indonesia Science Expo (ISE) sampai tanggal 11 Oktober. ISE merupakan pameran hasil-hasil riset LIPI dan kementerian serta lembaga negara yang diisi dengan berbagai kegiatan seperti Science Show, Ekspose Produk Riset Unggulan LIPI, serta Temu Bisnis. (gst/ed: fza)