AddToAny

Jurusan sastra inggris

Dalam rangka membantu para penguasa bangku SMA yang sedang gundah gulana memikirkan dan menafsirkan jurusan apa yang tetap untuk mereka kelak ketika bertitel mahasiswa, saya mencoba menuliskan sedikit ulasan tentang Jurusan yang bisa kawan pilih menyusul kami kelak. (tulisan ini juga saya angkat di kaskus .hehehehe ) berikut sekelumit tentang jurusan yang saya geluti saat ini,

SASTRA INGGRIS

Apa sih sastra (literature) itu?
Sastra adalah karya tulis, yang jika dibandingkan dengan tulisan lain memiliki berbagai ciri keunggulan seperti keaslian, keartistikan, keindahan dalam isi dan ungkapannya.

Kata Kamus Besar bahasa Indonesia sih,

Apakah sastra identik dengan puisi, novel atau drama?
Ya banget, gak bakal jauh-jauh dari itu kok.

Beda sastra non-satra?
Satra tidak sekedar menyapakan apa yang dikatakan tapi juga berusaha mempengaruhi pembacanya. Konotatif, terkadang acak dan irasional, selain itu, bahasa sastra memiliki teknik-teknik yang digunakan untuk menarik perhatian, seperti aliterasi dan susunan bunyi. Sedangkan bahasa ilmiah (non-sastra) tidak demikian, bahasa non-sastra cenderung denotatif.

Apakah sastra berhubungan dengan bahasa?
Iya banget, karena nyata jelas bahwa sastra menggunakan bahasa sebagai medianya.

Fungsi sastra itu apa?
Fungsinya untuk memberikan kesenangan, pengalaman baru kepada pembacanya, pencucian diri dan ekspresi.

Apa sih bahasa itu?
Banyak orang menggunakan fungsi bahasa sebagai definisi bahasa itu sendiri. Misal,
Bahasa adalah alat komunikasi,
Bahasa adalah penyampai gagasan.
Ya emang gitu nyatanya, gak salah dong :D

Apa sih Linguistik? Kita akan mempelajari benda ini juga?
Linguistik adalah ilmu-ilmu bahasa. Ketika masuk jurusan sastra inggris anda akan banyak mempelajari seluk beluk bahasa Inggris lebih dalam dengan linguistik. Seperti filsafat dan fungsi bahasa yang tergali lebih dalam.

Bahasa Inggris kok penting?
Bahasa nomor satu di dunia yang nyaris pasti ada dalam buku manual ketika kita membeli perangkat elektronik tertentu, begitu bukan? bahasa lain, mungkin akan nge-trend pula, tapi hanya sesaat dan itupun silih berganti, bahasa Jerman sempat "in", lalu saat ini bahasa Mandarin mencuat seiring perkembangan pesat ekonomi China.

Kenapa harus kuliah bahasa Inggris kalo kursus saja sudah cukup?
Bedanya adalah :
Kuliah :
1. Dipersiapkan menjadi Dwibahasawan yang juga menguasai bidang sastra.
2. Meliputi banyak bidang ilmu, seperti sastra, linguistik, sejarah dan lain-lain.
3. Bersifat keilmuan dan keterampilan
4. Mempelajari bahasa dan sastra Inggris
5. Lebih Intensif, hampir tiap hari , jam lebih banyak dengan masa belajar lebih lama
6. Diajar oleh dosen yang ahli dalam bidang bahasa dan sastra inggris dari dalam dan luar negeri.

Bandingkan per poin yak.
Kursus : (maaf , bukan bermaksud)

1. Pada umumnya ditargetkan untuk perihal tertentu saja, lulus UAN, Lulus TOEFL, kerja, “dapat berbahasa Inggris”
2. Hanya terkonsen pada satu keterampilan, misal : conversation, grammar, atau TOEFL.
3. Lebih pada keterampilan.
4. Lebih mempelajari bahasa Inggris
5. Tidak Intensif : misal : 3 x 1,5 jam per Minggu
6. Terkadang diajar oleh mahasiswa, kan??

Gelar yang diperoleh setelah lulus sastra Inggris?
S.S Sarjana Sastra, di beberapa Universitas menggunakan gelar S.Hum (Humaniora)

Mau jadi apa ntar? Kerja apa?
1. Translator : biasa langsung menghadapi teks, diartikan, selesai
Interpreter : biasa langsung bertatap muka, dengar bule bicara, artikan, itu bedanya.
2. Pendidik : bisa lah...
3. Kritikus sastra : pengulas, pengevaluasi alias komentator alias korektor karya orang.
4. Ahli Bilingual : terkadang pak Gubernur harus pidato bahasa Inggris, nah, biar dia yakin yang diomongi bener, teks iya ahli bilingual yang koreksi.
5. Liaison Officer : Penghubung antara dua pihak berbeda bahasa
6. masuk deplu, dan seterusnya...

Akhirnya, Kursus Bahasa Inggris adalah hal yang sangat baik, namun ketika anda punya minat lebih di bahasa Inggris, tidak akan salah jika anda meneruskan studi anda di Jurusan Sastra Inggris di Universitas yang sesuai dengan anda.

*gambar dapet dari sini
Ada salah satu kawan baru komen soal kampus Sastra Inggris yang bagus di Indonesia, cek komentar teratas pada link ini 
Sukses kawan. Pilih Kuliahan sesuai minat dan bakat jika anda ingin menikmati indahnya dunia, atau terpaksa botak karena terpaksa masuk jurusan yang dipaksakan untuk anda masuki.hehe

Semoga bermanfaat,
@gostaff


author
Gostaff
Penikmat kopi arabica yang suka rak buku dan seisinya