Jurusan sastra inggris


Dalam rangka membantu para penguasa bangku SMA yang sedang gundah gulana memikirkan dan menafsirkan jurusan apa yang tetap untuk mereka kelak ketika bertitel mahasiswa, saya mencoba menuliskan sedikit ulasan tentang Jurusan yang bisa kawan pilih menyusul kami kelak. (tulisan ini juga saya angkat di kaskus .hehehehe ) berikut sekelumit tentang jurusan yang saya geluti saat ini,

SASTRA INGGRIS

Apa sih sastra (literature) itu?
Sastra adalah karya tulis, yang jika dibandingkan dengan tulisan lain memiliki berbagai ciri keunggulan seperti keaslian, keartistikan, keindahan dalam isi dan ungkapannya.

Kata Kamus Besar bahasa Indonesia sih,

Apakah sastra identik dengan puisi, novel atau drama?
Ya banget, gak bakal jauh-jauh dari itu kok.

Beda sastra non-satra?
Satra tidak sekedar menyapakan apa yang dikatakan tapi juga berusaha mempengaruhi pembacanya. Konotatif, terkadang acak dan irasional, selain itu, bahasa sastra memiliki teknik-teknik yang digunakan untuk menarik perhatian, seperti aliterasi dan susunan bunyi. Sedangkan bahasa ilmiah (non-sastra) tidak demikian, bahasa non-sastra cenderung denotatif.

Apakah sastra berhubungan dengan bahasa?
Iya banget, karena nyata jelas bahwa sastra menggunakan bahasa sebagai medianya.

Fungsi sastra itu apa?
Fungsinya untuk memberikan kesenangan, pengalaman baru kepada pembacanya, pencucian diri dan ekspresi.

Apa sih bahasa itu?
Banyak orang menggunakan fungsi bahasa sebagai definisi bahasa itu sendiri. Misal,
Bahasa adalah alat komunikasi,
Bahasa adalah penyampai gagasan.
Ya emang gitu nyatanya, gak salah dong :D

Apa sih Linguistik? Kita akan mempelajari benda ini juga?
Linguistik adalah ilmu-ilmu bahasa. Ketika masuk jurusan sastra inggris anda akan banyak mempelajari seluk beluk bahasa Inggris lebih dalam dengan linguistik. Seperti filsafat dan fungsi bahasa yang tergali lebih dalam.

Bahasa Inggris kok penting?
Bahasa nomor satu di dunia yang nyaris pasti ada dalam buku manual ketika kita membeli perangkat elektronik tertentu, begitu bukan? bahasa lain, mungkin akan nge-trend pula, tapi hanya sesaat dan itupun silih berganti, bahasa Jerman sempat "in", lalu saat ini bahasa Mandarin mencuat seiring perkembangan pesat ekonomi China.

Kenapa harus kuliah bahasa Inggris kalo kursus saja sudah cukup?
Bedanya adalah :
Kuliah :
1. Dipersiapkan menjadi Dwibahasawan yang juga menguasai bidang sastra.
2. Meliputi banyak bidang ilmu, seperti sastra, linguistik, sejarah dan lain-lain.
3. Bersifat keilmuan dan keterampilan
4. Mempelajari bahasa dan sastra Inggris
5. Lebih Intensif, hampir tiap hari , jam lebih banyak dengan masa belajar lebih lama
6. Diajar oleh dosen yang ahli dalam bidang bahasa dan sastra inggris dari dalam dan luar negeri.

Bandingkan per poin yak.
Kursus : (maaf , bukan bermaksud)

1. Pada umumnya ditargetkan untuk perihal tertentu saja, lulus UAN, Lulus TOEFL, kerja, “dapat berbahasa Inggris”
2. Hanya terkonsen pada satu keterampilan, misal : conversation, grammar, atau TOEFL.
3. Lebih pada keterampilan.
4. Lebih mempelajari bahasa Inggris
5. Tidak Intensif : misal : 3 x 1,5 jam per Minggu
6. Terkadang diajar oleh mahasiswa, kan??

Gelar yang diperoleh setelah lulus sastra Inggris?
S.S Sarjana Sastra, di beberapa Universitas menggunakan gelar S.Hum (Humaniora)

Mau jadi apa ntar? Kerja apa?
1. Translator : biasa langsung menghadapi teks, diartikan, selesai
Interpreter : biasa langsung bertatap muka, dengar bule bicara, artikan, itu bedanya.
2. Pendidik : bisa lah...
3. Kritikus sastra : pengulas, pengevaluasi alias komentator alias korektor karya orang.
4. Ahli Bilingual : terkadang pak Gubernur harus pidato bahasa Inggris, nah, biar dia yakin yang diomongi bener, teks iya ahli bilingual yang koreksi.
5. Liaison Officer : Penghubung antara dua pihak berbeda bahasa
6. masuk deplu, dan seterusnya...

Akhirnya, Kursus Bahasa Inggris adalah hal yang sangat baik, namun ketika anda punya minat lebih di bahasa Inggris, tidak akan salah jika anda meneruskan studi anda di Jurusan Sastra Inggris di Universitas yang sesuai dengan anda.

*gambar dapet dari sini
Ada salah satu kawan baru komen soal kampus Sastra Inggris yang bagus di Indonesia, cek komentar teratas pada link ini 
Sukses kawan. Pilih Kuliahan sesuai minat dan bakat jika anda ingin menikmati indahnya dunia, atau terpaksa botak karena terpaksa masuk jurusan yang dipaksakan untuk anda masuki.hehe

Semoga bermanfaat,
@gostaff


Gustaf Wijaya Web Enthusiast

Saat ini berdomisili di Jakarta, satu dari sekian ribu pegawai Lembaga Penelitian terbesar milik Indonesia.

329 comments:

  1. bagus banget gan
    syg ane ga dpt restu msk s.inggris
    :duka

    ReplyDelete
  2. yah, batal jadi temen ngantin ane dunk gan :nangis

    ReplyDelete
  3. bgusss bgt trnyata q ga sia2 msk sastra ingg

    ReplyDelete
  4. @ Mbak / Mas :

    tidak akan merugi dah :cendol

    ReplyDelete
  5. aku pengen masuk sastra.
    Lowongan kerjanya gak sesulit yang dikatakan orang-orang kan?

    ReplyDelete
  6. @ Mbak Emi : saya masih mahasiswa sih...

    tapi yang saya tahu lowongan kerja sulit ato tidak tergantung orangnya (untuk masa sekarang)
    yang sulit ketika kita mulai pilih2 kesempatan ;)

    *saya sudah buktikan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yth mas Gustav,

      Kami dari PT VIC-Indonesia (vista Indonesia) saat ini banyak membutuhkan tenaga kerja baik untuk pengajar maupun student consultant.

      info lebih lanjut bisa dilihat di http://vistaeducation.com

      Delete
    2. Yth mas Gustav,

      Kami dari PT VIC-Indonesia (vista Indonesia) saat ini banyak membutuhkan tenaga kerja baik untuk pengajar maupun student consultant.

      info lebih lanjut bisa dilihat di http://vistaeducation.com

      Delete
  7. Sastra ing bsa krja d deplu?Bener?

    ReplyDelete
  8. @ Mbak Widya : Kakak angkatan di kamps saya sekarang di Kedubes Indonesia untuk Swiss Mbak, di banyak buku jga bilang bisa kok. Walaupun memang ada anak HI (Hubungan Internasional) yang lebih pas sebenarnya :D

    tapi, Kalo Pak Mario yang Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IKIP bisa jadi motivator sekeren itu, kenapa kita endak :D

    ReplyDelete
  9. Wwahh keren dong sastra ing...11 12 sm HI,,
    mksh ya bg gustaf,,maklum aj bg,lg bingung milih jurusan...

    ReplyDelete
  10. @ Mbak Widya : kata adik kelasku SMA yang kuliah di HI UNAIR, banyakan politiknya yang diajarkan mbak :D

    wajar kok, semua juga pernah ngalamin bingung pilih jurusan + gugup sebelum UNAS...dihadapi saja :D

    ReplyDelete
  11. Terus bgaimana dg sastra ingg?Apa politik jg d ajarkan??

    ReplyDelete
  12. Prodi Sastra Inggris mata kuliahnya lebih ke arah kebahasaaan, Krtitik dan apresiasi sastra, serta mempelajai sosial budaya :D

    ReplyDelete
  13. makasih yah kak tuk infonya...2012 saya insyaAllah jadi mahasiswa jurusan sastra inggris UNHAS AMIN,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin Amin.. (semoga saat ini diamini sedang kuliah di jurusan sastra Inggris mbaknya) hehehe

      Delete
  14. mksh k' ats saran ny... klo mau ambil S2,,, bgus gx k',, tpi s1 ny gx dari sastra? tpi dri fkip bhsa inggris....
    thanks before... :)

    ReplyDelete
  15. Mbak Yulianti : hehehe, bagus pasti, UNAIR, UGM, UI , tapi jarang banget kayaknya yang ngambil langkah gitu Mbak, kan katanya orang kalo jadi PNS, S1 S2 nya kalo tertib pada disiplin yang sama kepangkatannya lebih mudah dari pada yang pindah disiplin gitu :D

    ReplyDelete
  16. kalo sastra ing sama pendidikan bhs ing kira2 lebih rumit mana bang? terus aku suka bhs ing cuma gak begitu ahli mau masuk sastra ing nih gimana yaaa

    ReplyDelete
  17. hehehe, kalo rumit dalam tataran tugas dan kerjaan, relatif sama, kalo kuliah, tugas dan rumitnya tergantung dosen yang kita hadapi :D

    dan,

    misal pendidikan B.Ing : maka akan ribet dengan silabus, metode pengajaran dll, intinya akan diajari lebih banyak ke cara ngajar bahasa inggrisnya, porsi untuk belajar bahasa inggris akan dikurangi

    sastra, ribet dan rumitnya akan berkutat pada puisi, novel dan karya sastra lainnya, juga ribet dengan penelitian bahasa, jadi kta murni mendalami bahasa inggrisnya :D

    ndak sulit kok, selama emang Zahra suka bahasa inggris, everything is gonna be ok :D

    trims

    ReplyDelete
  18. oalah makasih ya hehe tapi aku mau jadi pengajar jg,kalo misalnya ambil pend.bhs ing entar kerja nya selain jadi pengajar juga bisa kan ya?
    thanku :D

    ReplyDelete
  19. bisa, soal kerjaan itu kan tergantung individu masing - masing,
    banyak anak satra yang akhirnya masuk dunia jurnalistik, banyak juga yang mengajar

    yang pendidikan, kebanyakan memang jadi guru, tapi beberapa teman saya juga mengaku guru bukan dunianya. Jadi, dijalani dulu saja :D yang penting sesuai minat dan passion :D

    ReplyDelete
  20. bagi yg suka bikin karya tulis,, wah cocok banget nih,,
    Termasuk kalo suka bikin blog, lebih enjoy utk berburu pasar luar negeri,, yach meskipun udah ada google translate sih, :D

    ReplyDelete
  21. @ Mas Tomas : hehehe, yak,, :D

    google translate bukan tandingn tranlator kok, mesin google sejauh ini bisa berjalan bak dalam tataran "alih bahasa" saja, tapi untuk menerjemakan, tetep butuh sentuhan manusia

    ReplyDelete
  22. Oiya kak, pengen tanyak. Kalo lulusan dari jurusan Sastra Inggris ini akhirnya bisa jadi PNS / guru di sekolah Negeri gak ya? Pengen jadi guru soalnya. Terima kasih :D

    ReplyDelete
  23. @ Mas Akbar : PNS? bisa dong, bisa di instansti mana saja yang membutuhkan tenaga ahli bahasa Inggris atau bersaing CPNS pada instansi yang memang tdak membutuhkan lulusan jurusan tertentu.

    Guru sekolah negeri? bisa dengan double degree mas, jadi ambil S1 Sastra dulu trus nambah 3-4 semester maka dapet dua gelar, SS, S.Pd bisa juga dengan ambil S2 langsung. dulu ada Akta 4 untuk mengajar, tapi sekarang aturan itu sepertinya sudah ganti :D

    *sebagai guru, lulusan sastra punya bahasan dan bahan ajar yang jauh lebih variatif, karena kuliah murni di bahasa inggris, tapi kebanyakan lemah dalam mengatur RPP dan Silabus (rancangan pengajaran) juga saat bikin soal, karena memang di Kuliahan tidak diajarkan sama sekali, sedangkan yang pendidikan ada mata kuliah khusus untuk itu :D

    *sastra ndak cuma jadi guru lo :D

    makasih :)

    ReplyDelete
  24. Kak, boleh aku coppast gg ? aku cantumin nama blognya kok. *please banget kak..

    ReplyDelete
  25. aq kan lu2san sastra inggris (minat utama linguistik)... pengen nglanjutin ke s2 (yg minat utama lingustik) juga....... pny referensi s2 mana saja yg linier dg sastra inggris (linguist)...? tq
    ;D

    ReplyDelete
  26. @ Yang mau copas : Silahkan banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kak :)
      btw, aku mau nanya kak. Kan aku kepingin masuk Sastra Ingrris nih, tapi aku masuknya jurusan Ilmu Sosial. Kira-kira itu jadi hambatan enggak ya kak ? thanks before :D

      Delete
    2. maksudnya SMA nya jurusan IPS gitu? justru bagus kalo begitu, kan nanti pas ujian masuk Perguruan Tinggi, Jurusan bahasa msauk kategori IPS :D jadi klop. Hambatannya : waspada teman2 IPA kamu yang ikut IPC atau pindah jalur ke IPS saat Ujian Masuk, mereka jadi invisible enemy yang bahaya banget .hihihi

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. iya, bener banget Kak. Ak jg sedikit khawatir masalah itu. Kata temenku kalo jurusan IPS itu gg bisa masuk Sastra Inggris. Dan anak-anak IPA bisa lebih 'mulus' masuk ke fakultas ini, bener gitu Kak ? :/

      Delete
    5. hehehe, bisa kok masuk, tapi jujur ya, saya anak IPA SMA nya, menurut saya bukan masalah anak IPS ndak bisa masuk jurusan ini, tapi memang ritme belajar di kelas IPA kadang jauh lebih kompetitif daripada IPS, ini yang patut diwaspadai, anak IPA mungkin saja sudah belajar mata ujian IPS jauh sebelum anak IPS sendiri siap2 lo,, jadi kamu prepare lebih awal juga :D wajib kalo mau sih.hehe

      Delete
    6. Oh gitu Kak, makasih banget ya buat infonya :D membantu banget :)

      Delete
    7. sama2, trima kasih sudha berkunjung :D

      Delete
  27. @Mbak Arini : hehehe, wah, lebih dale situ dong knowledge ttg sastra Inggris nya mbak :D
    karena saya di surabaya, maka setau saya S2 yang linier ada di Unair mbak, tapi kata dosen saya, UGM juga bisa, lebih sip pastinya :) beberapa dosen saya juga jebolan Unair dan UGM :) beberapa sih, kan sekarang dosen kayaknya kudu lulus di luar tuh.hehehe

    ReplyDelete
  28. Kaka
    aku gyta,
    aku pengen kuliah ke jurusan sastra inggris tapi aku masih bodoh dalam berbicara bahasa inggrisnya ;(

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ Mbak Gyta : hehehe, justru karena tidak paham bahasa Inggris makanya kuliah disini to :) kalo sudah mahir ndak perlu kuliah.kekekeke, tapi emang bener, kalo mbak suka bahasa Inggris, meskipun belum mahir, ngikutinnya akan lebih mudah :) karena memang semua pengantar mata kuliahnya bahasa Inggris :) asal ndak pernah bosen sama bahasa Inggris aja deh,hehehe

      Delete
  29. Oiya lupa tanya...kan t4 gw ntar sastra nya dibagi lagi jadi literature n linguistic bedanya apa yee ? thank you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Literature = Sastra
      jadi yang mbak dalamin nanti adalah bagaimana seluk beluk sastra salam bahasa Inggris, teori dasar, kerya2, apresiasi dll :) jadi dekat banget dengan Novel2, Puisi2 dan sekutunya :)

      Linguistik = kebahasaan
      yang dipelajari disini bahasan - bahasan tentang bagaimana sih sebenarnya bahasa inggris itu, pemakaiannya, bahasa non verbalnya, isyarat2, struktur, pendalaman grammar dkk :)

      begitu kira2 mbak, trima kasih :)

      Delete
  30. saya cinta bahasa inggris mas dari dulu. pokoknya yg berbau inggris saya suka.
    tahun 2013 insyaallah saya udah lulus SMA nih.
    kalo masuk sastra inggris itu katanya ada tes toefl ya mas ?
    toefl itu apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu diluruskan mbak/mas ..sekarang di tiap penerimaan mahasiswa jurusan manapun pasti ada TOEFLnya kok :) mau luluspun harus TOEFL, cuma standartnya beda2

      soal pengertian TOEFL bisa anda gooling deh kaau mau lebih komplet :) tapi sebenanya ini tes bagi penurut asing untuk mengukur seberapa bagus bahasa Inggrisnya, kalo di Indoneis, bisa jadi syarat masuk suatu Institusi, syarat beasiswa atau syarat masuk kerja :)

      makasi :D good luck ya UNAS nya tahun depan

      Delete
  31. blognya bagus , sangat membantu

    ReplyDelete
  32. Kalo swasta jur. Sastra Inggris yg bagus dmn ya? Thanks ;)

    ReplyDelete
  33. Wah, soal swasta mana saya ndak berani sebut merk mas/mbak :D soalnya pengetahuan saya soal kampus swasta tidak segitu baik. Kenapa tidak nyoba bertarung di Negeri dulu lo. kan belum dicoba :)

    ReplyDelete
  34. Keren nih,.. lumayan buat mantepin hati saya.. :D Perkenalkan saya Jolena dari sastra inggris USU..

    ReplyDelete
  35. sama-sama, trimakasih sudah berkunjung mbak :D sukses kuliahnya

    ReplyDelete
  36. mas saya mau tanya dong, saya tertarik untuk masuk sastra inggris, tapi nggak begitu menguasai sastra.. saya kebetulan tertarik di kebahasaannya, nanti saat kita di sastra Inggris, SKS nya rata-rata lebih fokus ke sastranya atau kebahasaannya ya mas? thanks infonya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda sama seperti saya mbak/mas :) kebetulan lebih menaruh minat dalam kebahasaannya, tapi, yang disarankan dosen saya (dan saya menganut beliau-beliau) ketika kuliah ambil saja kedua-duanya, biar pengetahuan kita lebih luas, saat semester 7 - 8 menuju skripsi, baru kita bener2 fokus ke salah satu minat itu :)

      Delete
  37. mas saya lagi bingung juga,,,, :( taun 2013 udah ujian ,,
    apa sh suka dukanya jadi anak sastra iggris? saya pengen belajar inggris soalnya pengen ke luar negri mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. luar biasa banyak suka dukanya mbak. btw, sekarang semua jurusan dan bidang kuliah mempunyai kesempatan yang buuanyak sekali buat keluar negeri lo:) malah yang jurusan2 teknik buanyak banget tawaran ke luar negeri, mulai dari yang 2 minggu sampai satu tahun dst. Jadi, sesuaikan dengan minat mbak/mas aja kuliahnya dulu, ndak haus di Inggris, meskipun nanti tetep... TOEFL - IELTS adalah wajib :))

      Delete
  38. wah.. kebetulan saya udah kls 3 nih, dan benar2 tertarik untuk mempelajari bahasa inggris lebih jauh.
    pilihannya adalah masuk FKIP atau sastra Inggris,
    saya pikir mempelajari sastra akan jauh lebih menarik dibandngkan hanya belajar bahasa inggris. bener ga?
    eh, I heard bikin skripsi di sastra inggris tuh susah ya? saya dengar ada yg kuliahnya sampe 8 tahun. bener ga?
    terus sastra inggris yg bagus tuh di univ mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Q: saya pikir mempelajari sastra akan jauh lebih menarik dibandngkan hanya belajar bahasa inggris. bener ga?
      A : yup, sangat menarik, apalagi bagi yang suka sastra :)

      Q : Skripsi susah?
      A : di Jurusan bahasa Inggris, semua skripsi harus dalam bahasa Inggris, tapi kalo udah 4 tahun belajar intens Inggris di Univesritas masak masih bilang susah nantinya to? malah menjadi tantangan dan kebutuhan dong, biar ada perbedaan dengan jurusan non - inggris :) soal lama tidaknya skripsi, tergantung pada mahasiswanya sendiri, jika mau cepat lulus, apalagi dengan Pembimbing + Topik yang tepat, pastinya bisa 4 tahun selesai dong :) kasian orang tua kalo terlalu lama kan?hhehe

      hm..itu relatif mbak/mas, tapi UGM, UI atau Unair sepertinya bagus, saya di UNESA Surabaya, dan UNESA juga bagus :)

      Delete
  39. perkenalkan, saya juga anak sastra lho :D english literature is fabulous, dude!! ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap!! Tul!! Amazing tok pokoknya .hhihihihi

      Delete
  40. Mas Gustaf, menarik bgt nih infonya..pas dengan saya yg lg bingung antara kursus bahasa atau ambil D3 Bahasa Inggris di BSI..soalnya saya sudah S1 hukum, banyak yang bilang "kenapa ga kursus aja sih..kan D3 kelamaan dan buang2 waktu..mendingan terusin s2 dll.." tp sebenernya sy pengen D3 supaya bisa belajar secara lebih dalam.." mohon sarannya mas, supaya saya lebih yakin,,dan apa manfaat yang berkaitan dengan SH saya,,terima kasih sebelumnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiyaa..kenalan dulu ya, saya Rahel tinggal di jakarta..sekarang saya kerja sebagai sekretaris..terima kasih :D

      Delete
    2. Mbak Rachel : hehehe , ini kalo menurut saya pribadi sih mbak, karena mbak sudah S1 Hukum, maka lebih pas jika (seperti yang teman mbak bilang) kursus saja, menggambil paket program yang sesuai dengan kebutuhan mbak, entah Conversatin untuk kerjaan, atau TOEFL/IELTS jika mbak ingin hunting Beasiswa :D itu sepertinya lebih praktis dan tepat sasaran :D , berhubung mbak juga sudah bekerja, kan jadwal kursus lebih fleksibel dari pada jadwal kuliah D3. S2 akan sangat baik, tapi kata dosen saya, S2 tidak selamanya sejalan dengan salary loo.

      Tapi, jika memang ingin memperdalam bahasa Inggris lebih umum (tidak conversation atau TOEFL saja) BSI boleh juga tuh kayaknya mbak, asal jadwal bisa dikompromi sama jam kerja ya kayaknya :D

      semoga membantu, pilihan tetep ada di Mbak pribadi kan? :)
      terima kasih sudah mampir

      Delete
  41. iya sih yaa, balik lg ke pribadi..tp untuk BSI beruntungnya ada kelas malem after office, pengalaman saya dari dulu kursus bhs inggris ga pernah selesai..sampe level intermediate..bosen trus keluar..hehhee, soalnya metode kursus dimana2 kayanya sama, kecuali native speaker ada yg beda apalg kalo bule nya ganteng *haiyaaaahh.. :p
    saya pingin jd translator atau interpreter di kemudian hari..lumayan investasi Ilmu dan keterampilan, mumpung masih 26 umurnya..belum ketuaan ya kann...hihihi* cari dukungan :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, iya juga sih, kalo di BSI, mau ndak mau ada tuntutan untuk lulus jadi bisa total, kalo kursus kan "tuntuntan" itu tidak seberapa mbak :D ya too.hehehe

      iya, hampir sama memang mbak, tinggal cocok - cocokan.hehehe. Tapi kalo ternyata mbak udah kursus gitu, ya BSI aja deh, ndak ada kata tua untuk belajar to ... katanya Pak Mario sih :P
      sambil cari celah2 buat nyoba kerja di translate ato intrepreter mbak :D biar pengalaman kerja berbicara kelak :D

      Delete
  42. salam kenal nih, sy Sony..mhs bahasa inggris baru masuk thn lalu skrg baru smt 3 di UT.

    ternyata belajar bhs inggris itu jauh lbh susah drpd di kursus. apalagi ini ngambilnya di UT..ga da yg bsa di ajak diskusi..mau ga mau menafsirkan sndri modulnya dgn membacanya berulangkali.

    kapan2 sharing ya mas..sy suka bgt bhs inggris dan berminat jd profesional didalamnya.

    rgds,
    Sony

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, mari saling diskusi mas, bisa lewat twitter atau Facebook, kebetulan saya "masih" semester 7. Jadi masih banyak bahan untuk didiskusikan, maklum, mahasiswa tua mas :))

      sincerely
      Gustaf

      Delete
  43. bedanya sastra inggris sama hubungan international itu apa yahh ??
    lebih enak yg mana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hubungan Internasional kita diajari tidak hanya bahasa Inggris, juga diajari bagaimana berdiplomasi dll.
      Di sastra Inggris, kita lebih fokus pada karya - karya sastra atau kebahasaan Inggris saja.

      Enak mana? enak yang mas suka dong :))

      Delete
  44. berdiplomasi itu yg kayak gmna yahh ?
    aku kan udah kelas 3 nehh bngung mau pilih hbngan inter apa sastra inggris
    bisa bantu gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, kalo mas suntour lebih suka bahasa Inggrisnya, masuk sastra inggris aja, tapi kalo mas pengen jadi diplomat, pengen belajar peta politik dunia, pengen belajar bahasa asing lain juga, ke HI saja :) simpel, pilih yang mas suka, maka untuk sukses di kampus nantinya bisa lebih mudah, Insya Allah :D

      Delete
  45. Malam bro, kbetulan sya adalah anak pendidikn B.Inggris n tadi bro blg d atas, kalo anak B.inggris itu hrs menulis skripsi dlm bhsa inggris seutuhnnya.
    Jd sya ge bingung ne dgn penulisn skripsi
    siap" aja buat nanti ke depannya
    menurut bro judul mengenai apa saja yg bisa d ambil yg simple but easy.

    Thanks
    By: Kartika, (calon S.pd) hehehheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, bingung sebelah mana ini? saya pribadi juga belum tuntas skripsi, jadi belum pantes memberi saran.
      cuma gambarannya, untuk anak Jurusan Pendidikan, di kampus kami akan membuat skripsi PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
      saran saya, banyak2 baca skripsi kakak kelas kita aja, kalo udah waktunya, menulis dg bahasa Inggris ndak masalah kok, apa lagi da pembimbig + Ms Word yang membantu benerin salah - salah kita :D
      semangat :D

      Delete
  46. morning mas bro..gini ane mau sedikit curhat nih.ane kan suka banget sama bahasa inggris tadinya tahun depan ane mau kuliah di sastra inggris tapi karena pertimbangan masalah biaya sementara ane tunda dulu maklumlah salary ane gak terlalu gede :)
    kemudian ane nyari tempat kuliah yang murah tapi gak murahan terus ane udah dapet cuma masalahnya gak ada jrusan sastra inggrisnya.kampusnya MErcu Buana.kira-kira jurusan apa yang harus ane ambil tapi yang ada hbungannya dengan sastra inggris or bahasa inggris gitu mas bro??
    thanks before yee :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, oke Bang, mau masuk Mercubuana JKT ao YKT? yang ktisedikit nyambung sih di komunikasi atau public relation kalo JKT, kalo YKT, ada FKIP Bahasa Inggris tuh (jadi guru Bahasa Inggris)

      boleh tau nggak Abang kerja apa? sepertinya Public Relation atau Komunikasi boleh juga, lebih praktis dan aplikatif :) *kayaknyaaaa

      semangat ya Bang

      Delete
  47. ane sih kerja di rumah sakit bro bagian rekam medis.kalo ke broadcast bisa gak bro??ane d UMB bekasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hm,, bisa sih mas, tinggal gimana mas planning buat bagi waktu antara kerja + kuliah aja, broadcast , mungkin prakteknya lumayan banyak loh :) smangat mas :)

      Delete
    2. wah ane bener2 dapet pencerahan nih, thanks bro gustaf you are so amazing :)

      Delete
  48. kalau misalkan ya ga suka sama yang berbau sastra, tapi minat banget sama jurusana bahasa inggris. gimana kak sarannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. *tooss* sama kayak saya dong, ada linguistik (dan di beberapa universitas tertentu ada kajian budaya) jadi, tetep bisa dong di sastra Inggris :) atau mau ke pendidikan kalo suka jadi guru sih :) atau ke Hubungan Internasional + Ilmu komunikasi (yang lebih spesifik cakupan keprofesiannya) :)

      Delete
  49. Hallo ka , saya nevy , sy mau taxa dong ka ,, giman yah kalu misalx saya minat pndh di bhs,inggris tppi untk saat ini sy massi smstr 1 d,jrusan teknologi pendidkan ..
    bisa gak yah z pndh jrusan k,bhs inggris tpi z jrusan dri tknologi pndidikn ..
    mohon saranx yah ka ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Tp dan bahasa Inggris beda fakultas Dek, jadi mngkin agak sulit, kalo toh bisa pindah, sepertinya mulai dari semster 1 lagi

      Contoh yang mirip, saya ada teman dulu sama sastra Inggrisnya, di Tahun pertama ia merasa tidak berkembang di sini dan karena orang tuanya menyarankan kuliah Hukum, dia pindah ke Hukum UNS, dan sampai hari ini, dia satu tahun di bawah saya angkatannya dan dia enjoy :)

      Saran saya, sebelum pindah jurusan, pikirkan benar-benar apakah adek yakin akan serius di jurusan yang baru atau malah justru semakin tidak nyaman kuliah, kalkulasi umur juga ya..pindah jurusan means setahun dua tahun lebih lama kuliahnya dibanding teman yang seharusnya satu angkatan dengan kamu lo :)

      Delete
  50. hai kak gustaf salam kenal:) saya pelajar kelas 3smk dan lagi bener2 bingung akut milih jurusan. saya dari dulu udh tertarik sama b.inggirs. tp.. apa jurusan smk cuma dpt kemungkinan kecil bisa masuk jurusan bahsa? nah... setelah tau jurusan inggis di kuliah itu ada sastra dan bahasa yang ada skrg makin bingung. sebenernya setelah baca blog kak gustaf saya lebih tertarik ke bahasa inggris, soalnya kalau sastra itu berkutit di novel, dll itu saya kurang suka baca. apa emang sastra inggris itu emg diperuntukan buat org yg hobinya baca ya kak?
    tolong dibales ya kak... i relly need ur comment:)

    sincerely
    alisha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Alisha :)

      hehe, semua siswa mempunyai kesempatan yang sama untuk kuliah di jurusan yang disukai dek. Tinggal pinter2 adek nembus ujiannya saja. Saya punya teman sekelas, dia lulusan SMK dulu, justru membantu dia pas mata kuliah statistika, yang lain dapet jelek, dia dapet nilai perfect :)

      prinsipnya, semua jurusan jenjang S1 itu berkutat teori dek, jadi wajar kalo banyak baca. yang teknikpun mungkin banyak praktek memang , tapi teori yang harus dibaca juga banyak, nah, kalo yang kita baca adalah bidang bidang yang memang kita suka dan ingin tau, pasti bacanya lebih semangat bukan :)

      kalo tidak suka novel, adek bisa tetep ambil sastra Inggris, lalu fokus di linguistiknya saja, jadi belajar kebahasaannya :)

      semangat ya :D

      Delete
  51. bang salam kenal :)
    saya Zhuhayrina tinggal di Jember, (3 SMA)
    saya pengen banget ambil sasing nih, kalo ditanya suka apa enggak sama sastra ? suka banget nget :D tapi ada beberapa pertimbangan buat ambil jurusan sasing
    kendala ortu ga ngijinin jauh2, tapi adanya sasing yg bener2 terareditasi baik kan jauh tempatnya, kalo cuma di jember doang mah mana bisa dapet relasi yang bagus kan ya ?
    yg kedua, saya ini gampang banget 'down' orangnya, untuk kelas tiga ini dapet guru yang "ergh" banget. salah dikit bikin murid terkulai lemas, jadi sering banget mikir kalo ga seharusnya ngambil sasing, tapi saya ga punya angan2 ke lain hati selain sasing.

    #tolong bales ya bang :(
    au butuh kebijaksanaanmu
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehhe, intinya sih gini dek, kalo emang suka sasing, siap nggak 4 tahun lagi kamu jadi lulusan sastra? disaat temen-temen kamu yang kuliah ekonomi sudah cas-cis-cus bahas teori bisnis, atau yang lulusan arsitek sudah merintis konsultan sendiri dan temenmu yang kuliah di kedokteran sudah mulai praktek di Rumah Sakit tenar :)

      orang tua wajib didenger dek, tapi, soal passion cuma adek Zhu yang tahu :)

      Kalo di jatim, ke UB malang atau ke Unair bagus dek :)

      semangat yaa, itu seninya kelas 3 , kalo terlalu lancar malah ndak asik loh .hehe

      Delete
    2. untuk kerja nya sendiri menurut abang penerjemah masi dibutuhkan 5th kedeoan ga ya ?
      bang Gustaf sendiri apa alasannya ambil sasing ?
      thanks for comment :)
      Sukses selalu buat bang Gustaf

      Delete
    3. Trimakasih sudah mampir :)

      masih dong, meskipun ada gugel translate, dll, tai tidak ada yang mengalahkan sentuhan manusia soal translate :) feelnya ndak dapet, toh tatanan katanya jadi kacau kalau translate pake mesin :) peluang masih ada. Pasti :)

      Alasan : I Love English bro :)

      Delete
  52. kalau di jurusan sastra Inggris harus aktif berkomunikasinya ya? saya udah kelas 3, pengin masuk jurusan itu, tapi ragu soalnya saya orangnya agak pendiam hehehe :p

    terus, Univ yang bagus di Jakarta buat sastra Inggris itu dimana aja ya?

    terimakasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, Pendiem? dek, kuliah dimanapun, kerja dimanapun, hidup dimanapun, kita harus bijak lo ya, kapan ngomong kapan diem,yang bahaya kan yang ngomong terus ndak stop atau yang diem sama sekali ndak ngomong :) jadi, ndak ada satu jurusan pun yang cocok buat pendiem, mulai dikurangin sikap diemnya :) sastra Inggris sangat menghargai ekspresi, ndak ada opini yang salah selama adek kuliah disini, asal, ada sumber dan alasan yang ilmiah dibalik opini itu, nggak ngaco :)

      hm..kebetulan saya kuliah di surabaya dek, jadi kurang paham Jakarta seperti apa, yang jelas
      1. Negeri,
      2. Baca Kurikulumnya sebelum pilih
      3. Biaya + Beasiswa (ketersediaannya)
      4. Akreditasi

      bisa googling pake keyword2 itu dek :)
      semoga membantu

      Delete
    2. hmm, oke deh bang/om/mas/kak :)
      terimakasih atas pencerahannya, sangat membantu hehehehe

      Delete
    3. Sama-sama, semoga lancar ya . Amin :D

      Delete
  53. Bang gustaf, aku kelas 3 SMA..kalo ambil sastra inggris kerjanyanjadi apa sih? saya tuh lagi galau bnget nih. saya suka ma bahsa inggris, tapi untuk kerjaannya saya gak suka jadi guru. kalo ortu sih nyaranin ambil aja di pendidikan bahasa inggris, cuman ya itu maslahnya saya gak suka jadi guru. kalo ngambil sastra kerjaannya jadi apa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, Hai Alfiya, memang sih, rata-rata jadi Guru Bahasa Inggris, ada juga yang masuk koran jadi editor ato wartawan. Sebenarnya luas kok, tapi, kalo ingin selain sastra, ada HI atau Ilmu Komunikasi yang sejurus dg sastra Inggris dengan skil yang lebih spesifik

      Kalo ndak suka jadi guru, jangan maksa masuk pendidikan Bahsa Inggris lo, justru ndak jelas nanti arahnya kemana dek, karena kuliahnya emang murni belajar jadi guru, cara bikin soal, cara handle kelas, cara bikin lesson plan dll.

      semangat yaa :) semoga membantu

      Delete
  54. terimakasih banyak ya kak infonya :D berarti walaupun awalnya kurang menguasai bhs inggris ataupun kurang suka baca yang pening modal dasarnya suka sama bhs inggris ya kak. aku emg berniat ke pendidikan bahasa inggris kak tp masih galau hihi :D
    tp kalau sastra itu emang condong ke novel2 gitu bukan kak? apa kita jadi penulis bahasa inggris gitu?
    oiya saya mau tanya boleh ga? hehe knp kak gustaf lebih memilih sastra di banding pendidikan bhs inggris?:D apa awalnya ga bingung dulu mau milih yg mana? atau emang langsung srek ke sastra?:D

    alisha B)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ....tp kalau sastra itu emang condong ke novel2 gitu bukan kak?
      Mahasiswa yang milih konsentrasi sastra : iya
      Mahasiswa yang konsentrasi Linguistik : Bisa iya, bisa Enggak :)

      ...Apa kita jadi penulis bahasa inggris gitu?
      bisa, jadi penulis bahasa Indonesia juga bisa, kata salah satu wartawan senior Jawa Pos, orang dari sastra Inggris itu justru lebih singkat padat dan jelas loh :) *efek bahasa Inggrisnya tuh

      knp kak gustaf lebih memilih sastra di banding pendidikan bhs inggris?:D
      karena saya suka basaha Inggrisnya dek, dibenak saya, kalo bahasa Inggrisnya seluk - beluknya saya tahu, maka saya akan tahu mau dibawa kemana bahasa ini, sedangkan Pendidikan? iya sih bisa langsung ngajar, lesson plan dan silabus bisa bikin, tapi anak pendidikan lebih banyak ke teori ngajar nya loh, kan mau jadi guru, porsi ke bahsa Inggrisnya berkurang karena itu :)

      apa awalnya ga bingung dulu mau milih yg mana? atau emang langsung srek ke sastra?:D
      ndak kok, emang maunya kuliah di sini :) semangat ya, dipertimbangkan matang2 dek :)

      Delete
  55. kakak aku anak ipa kepengen masuk jurusan sastra inggris.. apa bisa? tesnya apa aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dong :) tesnya dbisa dicoba mulai PMDK - Tes Ujian Tulis - Wawancara . Per kampus beda-beda lo ya, sering - sering lihat web kampus - kampus aja dek :)

      Delete
  56. kak aku anak ips, minat banget ke jurusan sastra inggris tp belum ngerti pekerjaannya nanti yg menjamin apa dan minim lulusan apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, bahkan yang sudah kerja pun tidak menjamin dek :) di dunia ini ndak ada yang pasti kecuali mati (katanyaaa.hhehe)

      Delete
  57. kalo tes masuk biasanya suruh milih jurusan ipa , ips , ipc, lah itu gimana mksdnya? aku baca di web kayak gtu, masa anak ipa suruh tes pljrn ips , mana ngerti...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ Mbak nya : hehehehe.. banyak kok yang IPA trus tes IPC atau Murni IPS, dan berhasil masuk PTN :)

      saya pribadi anak IPA murni, sejak januari sebelum SNMPTN (juli) saya buka2 buku IPS dan saya bisa nembus SNMPTN IPS :) yang penting usaha dan pintar2 memanfaatkan celah dan peluang kan? hehe

      Delete
  58. hai kak .. kenalin aku alfina..
    aku minat kuliah di sastra inggris, rencana aku pengen lewat jalur PMDK (wish :D) tapi aku masuk jurusan ipa di SMA ku.. sedangkan sastra inggris kan termasuk program ips ? :(
    trus apa bisa aku ikutan PMDK nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo PMDK , itu tergantung pada peraturan kampus masing2 dek, bisa di cek dulu di pengumumannya PMDK. Ada Universitas yang PMDK harus IPS saja, ada yang IPA boleh ikut :)

      Delete
  59. menarik banget nih hehehe trims. sy mau tanya kalo lulusan sastra inggris sbnrnya bs kerja ndak diluar jurusannya? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, status FB teman saya tadi malam sepertinya menjawab :

      "Sekolah teknik, mekanik, pertanian, perternakan, perikanan, hukum, sosial, farmasi endinge dadi pegawai bank.
      Kapan iso maju indonesia lak ngene terus?
      Jare om bob sadino gak usah kuliah daripada kuliah salah jurusan.
      #mengocehsebelumtidur"

      :D

      Delete
    2. luar biasa. salam untuk teman Anda.

      terima kasih^^

      Delete
  60. oh iya, tips belajar bhs inggris yg tepat bgm ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, macem - macem ya mas, mbak :) bisa les, bisa dari sekolah aja, bisa gugling, yang penting niat :D

      Delete
    2. wah trims nih mas. oh ya bgm kalo kita mau magang sbg honorer di diknas? mksdnya di dinas pendidikan?

      Delete
    3. hehe, kuliah, dapet gelar Spd, lalu ngajar :) itu ranah pendidikan,tapi kita lulusan Sastra bisa ikut PLPG (Pendidikan Profesi Guru) atau lanjut S2 :) sebelum ngajar

      Delete
    4. wah berarti SS ndak bs ya mas?

      Delete
    5. iya, mungkin bisa di Sekolah2 Swasta atau LBB , sekolah swasta pun belum tentu menerima jika kita bukan sarjana pendidikan, tapi tidak semua, yang lain justru mencari sarjana sastra karena kemampuan bahasa inggrisnya dianggap lebih dalam :)

      Delete
  61. ka'.., sy mau nanya, emang kalau jurusan sasing itu harus 4 thn yah? atau tergantung kita yang ngejalaninnya mau brpa tahun yg pnting sanggup ,mslahnya 4 tahun kuliah lama banget tu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, iya 4 tahun :D bisa 3,5 kalo kita pengen cepet. lama ato tidak kan tergantung seerapa banyak ilmu dan pengalaman kita dapat to :) yang penting lulus siap kerja, ato malah udah kerja sejak belum lulus, ato malah udah memperkerjakan sejak belum lulus :D

      Delete
  62. Hi.. ka', kenalin sy Rosna... sekarang s dah kelas 3 SMA, ntar lg mw ujian.. nti klo dah kuliah insya allah sy ambil jurusan sasing tpi nti klo dah S2 sy maunya di jurusan sains, boleh nggak tu ??

    ReplyDelete
  63. boleh kok, tapi kata dosen saya, mending selajur S2nya :) biar kalo jadi PNS kepangkatannya bagus, ato memang kalo sejalur kelihatan serius dan konsisten to :)

    ReplyDelete
  64. hi mas gustaf
    saya edy usia saya 30th. sejak saya SMP saya sgt menyukai bahasa inggris
    dan berharap suatu saat saya bisa kuliah jurusan bahasa inggris kelak.
    namun karena kondisi perekonomian ortu saya yg hanya sebagai seorang ibu tunggal
    hanya mampu menyekolahkan saya sampai SMP saja.
    kini saya sudah dewasa dan sudah bisa mencari uang sendiri walaupun tidak seberapa skrg2nya mampu utk mengurangi beban ibuku serta membalas jasa jasa perjuangan beliau terhadapku yg telah bersusah payah untuk menyekolahkanku walau hanya sebatas SMP.

    setelah saya rasa ekonomi keluarga saya agak membaik (di banding wktu dahulu) saya mengikuti program paket C dgn harapan saya dapat merealisasikan mimpi saya yang tertunda, mimpi utk bisa belajar bahasa inggris disebuah fakultas.

    sekarang saya sudah menerima ijazah paket C (IPS).
    dan yang mau saya tanyakan apakah ijazah paket C saya ini bisa saya gunakan untuk mendaftar kuliah jurusan bahasa inggris ini?
    atau sudah terlambatkah saya untuk merealisasikan mimpi saya ini?
    mohon berikan pencerahan dan bimbingannya

    terimakasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan umur mas Edy yang sudah memasuki usia 30 Tahun, biasanya untuk univeritas negeri ada batasan usia tertentu mas :) tapi, mungkin beda cerita dengan kampus - kampus swasta, apa lagi yag membuka kelas kuliah malam, tentu sangat memudahkan mas edy :)

      Bulan - bulan januari dan selanjutnya akan ada banyak iklan dan brosur tentang kampus - kampus yang akan menerima mahasiswa baru serta syarat dan ketentuannya, saran saya, mas coba - coba pilih kampus yang cocok dengan jam kerja mas :) agar balance antara pekerjaan dan kuliah, tidak ada kata terlambat mas, teman saya satu kelas juga ada yang memulai kuliahnya di usia 26, saat ini , teman saya itu juga bekerja sambil kuliah dan sedang menyusun proposal bersama - sama :)

      semangat, semoga membantu :)

      Delete
  65. kalo kaka sendiri, apa aja sih cara-cara efektif/medianya, untuk mengasah kesastraan inggris tersebut dari awal mendalami inggris? atau biasanya orang2 dari sastra inggris ada tambahan kursus dan sebagainya?
    mksh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, teman saya yang gemar sastra, senang menulis mbak :) menulis dan menulis :) katanya ketika menulis akan keluar rasa butuh kita untuk membaca :) karena tidak ada yang bisa kita tulis kecuali kita membaca :) ya, bisa tentang teori2 dan sejarah2 sastra :)

      Delete
  66. Senyum2 bacanya, kebetulan saya juga kuliah sastra Inggris.. udah 7semester :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga anda baik baik saja :D

      Delete
  67. sebelumnya salam kenal, saya Mamluatin kelas XII.
    Saya lg bingung/galau milih jurusan, tambah galau lg pas baca postingan kak Gustaf,
    Begini, saya bingung mau ngambil jurusan pend. bahasa inggris atau sastra inggris. Saya suka bahasa inggris, ibu saya nyuruh saya jadi guru katanya biar bisa ngurusin keluarga juga nanti (calon istri dan ibu hehehe)ok mungkin guru tidak masalah bagi saya tp saya lebih minat jadi dosen, saya juga suka sastra, suka baca novel, puisi, fiksi, dll (blm pernah baca untuk novel english).
    Untuk jadi dosen kan syaratnya kudu S2 atau S3 nah saya pernah kepikiran S1 di Pend. Bahasa Inggris nanti S2-nya di Sastra Inggris,
    Gimana menurut Kak Gustaf? Mohon bimbingannya maaf juga sedikit curhat ._.V

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata dosen saya, kalo S1 di pendidikan dan S2 di sastra, efeknya ndak baik buat kepangkatan adek kalo nanti (Amin) diangkat jadi PNS. Jadi yang selaras aja, pendidikan ya pendidikan, sastra ya sastra :) kalo memang mau ikutin saran ibuk, S1 Pendidikan bahasa Inggris not bad kok, bisa mengajar, novel dst go on :)

      semoga membantu :)

      Delete
  68. Mas kalau sekolah nya jurusan SMK BM, kemudian kuliahnya ngambil jurusan sastra inggris gmna ya....??? nyambung tidak...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyambung, selama anda suka bahasa Inggris :)

      Delete
  69. Mas kalau sekolah nya jurusan SMK BM, kemudian kuliahnya ngambil jurusan sastra inggris gmna ya....??? nyambung tidak...???

    ReplyDelete
  70. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  71. Mas, tadi yang katanya bisa dapet dual degree setelah kuliah s1 sastra inggris, itu caranya gimana ya?? kuliah mulai dari awal untuk gelar
    S.Pd-nya atau cuman ngelanjutin beberapa tahun aja?

    Thanks ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm,, mengacu peraturan saat ini (yang saya tahu *kalo ada yang lebih tahu mhon diluruskan)
      jadi kalo Sarjana Sastra bisa meneruskan ke Pendidikan Profesi Guru (PPG) . Nanti dapet gelar SS. SP.d [mungkin 1 Tahunan]

      tapi, peraturan dunia pendidikan akhir-akhir ini cepat berubah, jadi cermat2 mencari peluang saja :)

      Delete
  72. jadi bangga ini sebagai mahasiswi jurusan sastra inggris :)) . inggris itu asik kok ..percaya deh ..hihi

    ReplyDelete
  73. kak aku skrg kls 3 SMK aku sneng sm bhs ingris tp aku gasuka bgt sm novel or puisi2 gt. pgnnya masuk sastra inggris tp takutnya ntar kesusahan pas nrima mata kuliahnya. mohon sarannya ya . makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo suka novel dan bahasa Inggris, tidak akan kesusahan kuliah di sastra inggris. kuliah sastra sangat fleksibel, yang penting aktif dan tidak diam, selalu ada jalan buat jadi mahasiswa yang sukses (menuju orang yang sukses tentunya) :D

      semangat yaa

      Delete
  74. Thank God I found this blog. Mau tanya nih, di UNESA waktu kamu semester 7 ada magangnya? Kalo iya, ada rekomendasi tempat magang gak? Sekarang aku lagi semester 6, jadi udah mulai mikir. Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa, seperti

      di Tourism Information Center, tapi di kota2 yang in wisatanya ya, seperti Jogja misalnya
      di Media cetak dan elektronik, kalominat journalis, monggo
      di Balai Bahasa, tapi ini lebih cocok untuk Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah (pengalaman pribadi)
      di Instansi pemerintahan, seperti dinas pariwisata, atau humas provinsi
      di Bandara,
      di publisher

      saran saya, bawa kelompok yang menurut anda nyaman untuk kerja 3-5 orang saja, susun proposalnya sekarang, by the end of Januari udah masukin proposal ke tempat magang, biar kita bisa milih bulan apa kita magang, inget, ada ribuan mahasiswa berebut pengen magang di tempat yang kamu pengen juga loh, so, make it fast.

      Delete
  75. Kak, aku kelas 3 SMA dan mau ngambil sastra inggris-UI. Kalo jalur snmptn undangan bisa ga ya dari IPA ngambil jurusan sastra inggris? Makasih banget loh blognya sangat membantu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, ini hal yang prosedural dek, teknisnya yang lebih tahu guru BK sekolahmu :) rajin2 curhat ke beliau aja, kalo jamanku dulu belum ada undang mengundang e (jalur SNMPTN Undangan) dan peraturan Kemendiknas sekarang tiap tahun bisa ganti, silahkan konsultasi ke BK yaa :) rajin rajin deket beliau, siapa tau kamu dapat tau kesempatan sana - sini lebih dulu dari teman :)
      semangat ya, jadi anak kelas 3 SMA itu seru, bukan ngeri :D

      Delete
    2. Saya Mega, siswa kelas 3 SMA juga :) Beberapa waktu lalu di sekolah saya ada briefing dari mahasiswa UI dan saya nanyain pertanyaan yang persis sama. Dan jawabannya bikin saya kegirangan deh pokoknya: Bisa. UI bisa lintas jurusan katanya. (saya juga anak IPA)

      Saya juga pengen ke sastra Inggris UI, ayo berjuang bareng!:D Sampai ketemu nanti ya :D

      Buat kak Gustaf, thumbs up buat postingannya :D

      Delete
  76. kak, aku kelas 3SMA Ipa mau ambil sastra inggris di USU.
    aku mau nanyak nie kak , kalo mau ambil Langsung S2 nya kira@ berapa tahun ya kak ?
    #Thanx before ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak normal :

      S1 4 Tahun
      S2 2 Tahun

      itu paling normal :D

      Delete
    2. oke kak ;)
      trus kak . setahu kk kaLo s3 nya di indonesia uda ada apa beLum?
      #thanx before again ;)
      hehehe.e
      maaf ya kk banyak tanyak .

      Delete
    3. S3 nya sepertinya UGM dan UI sudah ada, tapi... kalo S3 rata2 udah pada keluar negeri tuh dek :)

      Delete
  77. Kak aku fuzy :) mau tanya nih kalo prospek kerja sastra inggris bisa dibidang apa aja? Trus kalo bedanya sastra inggris sama sastra perancis apa? Prospek kerjanya lebih bagus yg mana? Makasih sebelumnya, blognya sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. prospek kerja : ada di post ya, silahkan dibaca lagi :)

      beda dong, sastra Prancis ya membahas seluk beluk bahasa Prancis, dan karya sastradari Prancis. :D

      sebenarnya, prospek kerja bergantung pada kita, tapi realistisnya memang, lingkup Bahasa Prancis id Indonesia memang jauh lebih sempit dari bahasa Inggris, yang sedang in saat ini adalah bahasa Mandarin :)

      terima kasih, semoga membantu

      Delete
  78. Pas banget kak saya ingin masuk jurusan sastra inggris UNESA. tapi saya jurusan ipa. Kalo sekarang kan jalur yg utama snmptn undangan, kata guru BK saya kalo anak ipa ambil jurusan ips ngga bisa. Tapi itu apa ngga menurut setiap perguruan tinggi nya ya?
    makasih kak, postingannya membantu banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk UNESA masih ada jalur SPMB I dan SPMB II yang bisa kamu coba dek, kalau ada SMBPTN juga coba aja : banyak jalan menuju Roma *ciee, tapi memang peraturan tahun ini aga beda, jadi tempel guru BK terus untuk update terbaru, coba juga sastra Inggris Unair ya :) biar ada alternatif ,
      semangat.

      terimakasih
      @gostaff

      Delete
  79. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  80. kak gustaf,aku anak SMK jurusan akuntansi. apa bisa masuk sastra inggris?? u,u makasih sebelumnya:D

    ReplyDelete
  81. Bisa kok, keculai lewat undangan sepertinya bisa ;D

    ReplyDelete
  82. kak mau tanya satu pertanyaan agak aneh, hehe..
    kaka yang sudah sangat berpengalaman kuliah di sastra inggris ini, kira-kira bagaimana perbandingan mahasiswa mahasiswa yang meikmati kuliah di jurusan ini dengan yang tidak menikmatinya (yang mengakibatkan misalnya masa kuliahnya menjadi lebih lama)?
    terimakasih...

    ReplyDelete
  83. Kak . Aku Linda. Aku sekarang kelas 12 SMK jurusan marketing. Apa bisa masuk sasing ?
    Dri dulu aku suka pel bhs inggris. Aku pengen banget kuliah masuk jurusan b.ing. Tp aku mau ikut bidikmisi jalur tulis ? Soalnya ada kendala biaya kak ;( aku cita-cita pengen banget kuliah ngambil sastra inggris. Impianku kak itu ;(
    Menurut kakak gimana ?
    Eh iya Tadi aku bca postingan kakak awal sampe akhir , katanya sasing lebih ke anak SMA IPS? Testnya juga gt.
    Maksudnya gmna kak??
    Mhon bantuan dan saranya ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, karena bahasa kan masuk kelompok IPS pada tes tulis ujian masuk PTN (sekarang entah ganti apa namanya,hehe)
      IPA - Kedokteran, tehnik, MIPA,
      IPS - Sosial , Ekonomi, Psikologi, Bahasa

      soal bidik misi, bisa ditanyakan ke guru BK kamu dek, siapa tahu ada peraturan baru yang bisa memungkiknkan kamu daftar, dekat2 dengan guru BK aja :)

      Saya ada juga teman satu kelas yang dulu SMAnya dari SMK, kuliahnya lancar, tapi memang dia bukan dari bidik misik, tapi lewat jalur Non-reguler (ikut tes mandiri yang diselenggarakan kampus)

      semoga memberi gambaran ya, terima kasih
      @gostaff

      Delete
  84. Berarti aku musti belajar soal-soal Sma Ips ya kak?
    Soalnya aku masih bingung ntar tesnya kayak gmna?
    Dsekolahku ada bidikmisi jalur undangan sama tulis, nah kalo jalur undangan dri UB nggk ada,
    Aku pengin masuk UB kak,
    Kalo UB bidikmisi jalurnya test, nah aku kan pengen masuk UB kak,
    Ngambil sasing, maksud aku ntar test bidikmisi jalur tulis dri UB soalnya apa mengarah ke IPS kak?
    Aku belum belajar ips sama sekali kak,
    Takutnya ntar nggk bisa jawab !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. mulai sekarang beli buku soal2 IPS, baca saja rangkumannya dan pembahasannya, dikerjakan beberapa paket tes uji coba soalnya, gitu bisa kok buat modal ke Ujian masuk IPS, kebetulan saya dulu juga IPA, lalu SNMPTN ambil IPS :)

      bisa kok,coba di list materi2nya, dipetakan,

      semoga membantu :D

      Delete
  85. Bro, S2 yg nglanjutin sasing (yang linguistics) slain applied linguistics apa aj y??

    ReplyDelete
    Replies
    1. apllied linguistics itu saja sudah buanyak macam sebenarnya mas, tapi yang sedang ngetrend di dunia linguistik ya itu :)

      Delete
  86. kak, mahasiswa UNAIR yah ? :)

    ReplyDelete
  87. kak mau tanya donk , klo keuntungan n kerugian menggunakan karya sastra inggris itu apa ya ?? :D
    thanks . :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ditanyakan ke teman anda yang suka novel atau film dek? :)

      Delete
  88. kak, sastra inggris yg bagus dan termasuk mudah masuk nya dimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, soal masuk mudah tidaknya, lihat saja passing grade nya dek :) sama coba apa nilai di raport kamu kira-kira fit buat Jalur undangan atau tidak :)

      pilih kampus yang kamu suka kotanya dulu, suka bandung atau surabaya, lalu pilih satu universitas disitu yang reputasinya jelas :) dengan gini, shock of culture bisa dihindari :)

      Delete
  89. Kak, aku bener-bener jatuh cinta sama sastra inggris, serius. Lebih duluan jatuh cinta ke HI sih, hehe. Pengen kayak kakaaak. Minatnya Sasing UGM sama Unpad. Belajar di sastra inggris gak botak kan kak? Banyak enjoy-nya gak?
    Haha.

    *ohya thanks before, kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. enjoy banget :) explore novel, linguistics dan banyak hal yang ndak bikin kita pusing, justru bikin kita liar berimajinasi :D

      yang lain lembur, kita ndak lembur - lembur banget kok, fun :)

      Delete
    2. Waaah :D Happy banget ya kyaknya anak sasing. Makin bulet tekad aku buat ke sasing kak. Makasih banget buat pencerahannyaa.
      Okeeh artinya nyantai ya kaan :D
      Nanya lagi kak, ada tambahan belajar bahasa asing lain gak? *bonus gitu hhee

      Kak boleh tau username twitternya? :) x Mau banyak" konsultasi sama anak sasing nih

      Delete
    3. nyantai bangeet :D cari @gostaff ketemu di twitter ya :)

      Delete
    4. okedaah, followed :D Follback-nya kak, boleh? udah aku mention ..

      Delete
  90. Kalo jurusan sastra inggris itu bisa jadi dosen gak? soalnya kan beda sama yang jurusan Pend. Bing.
    Mohon pencerahannya, mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dong :) jadi dosen sastra Inggris juga tentunya :)

      Delete
  91. kak, kalo jurusan sastra inggris harus speak in english terus dikelas? Semua bahasan deh,harus ya?
    Soalnya aku pingin banget masuk sastra inggris, aku suka bahasa inggris.
    Thanks before :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal speak in English terus atau tidak, itu sebenarnya tergantung dosen juga, beberapa dosen tidak menggunakan bahasa Inggris, tapi, tentu pada mata kuliah yang memang tidak menggunakan literatur dari luar, seperti Mata Kuliah Umum, yakni, Bahasa Indonesia, Kewarganegaraan dan sebangsanya :)

      Delete
  92. dalam sastra inggris yang paling umum dan paling sulit di pelajari yang mana ya kak?
    Apa bahasa inggris kita juga harus matang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, tentang mana yag rumit dan mana yang matang, itu jawaban sangat personal sekali, bergantung siapa dan seberapakah kemampuannya individu masing - masing dek :) saya sendiri kesulitan dalam mendalami teori sastra dan teori linguistik, tapi saya suka menekuninya :) challenged deh :)

      Delete
  93. hal pertama yg di pelajari pas masuk fakultas ini apa kak?
    terusss, sastra inggris ini peluang kerjanya gimana ya? Gak menutup kemungkinan jadi pengangguran kan :/
    Sorry kak banyak tanya :D

    ReplyDelete
  94. salam
    thanks ya..
    sy kuliah di bidang bahasa arab. waktunya pun sgt menyita.
    di sisi lain sy sgt suka dg bhs.ingg jg, dan skrg ini kemampuan berbahasa inggris itu lg diperlukan utk pribadi sy,bgmn ya solusinya?
    apa kursus itu jalan satu2nya?
    thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya demikian, piih kursus yang hanya memakan jam senggang anda :) agar bisa se-balance mungkin :) semoga sukses

      Delete
  95. Hmm... jadi senyum2 sendiri abis baca comment, hehehe... :p pengen comment juga...

    Sastra Inggris cukup asik koq... seperti yg dijelasin admin, tergantung minat... kalo ga minat, ya bakalan ga asik ^_^ sy sendiri dah minat dgn English sejak masih SD...

    Tapi minat saja belum cukup... butuh modal juga loh... modalnya ya berupa kemampuan bahasa Inggris. Ingat, kuliah Sastra Inggris ga sama dengan belajar bahasa Inggris, seperti kursus. Ada beberapa teman sy yang kelabakan setelah masuk Sastra Inggris, gara2 mereka pikir kuliah sastra inggris itu sama seperti kursus....

    So, kalo modal englishnya ga sampe 50%, pikir2 dulu deh... bukan mau menurunkan semangat loh... hehehe... :p

    Kalo soal kerjaan, itu relatif... Selain jadi guru/pengajar, teman2 atau senior sy sendiri terjun ke banyak bidang. Ada yg join ke Deplu, ada yang ke pariwisata, ada yg jadi asisten manager di hotel terkemuka, ada yg jadi wartawan, ada yg jadi manager marketing, ada yg berkarir di Bank swasta, ada yg terjun ke dunia pertelevisian, dan lain2.... sy sendiri pernah menjadi pengajar, terus terjun ke dunia perkapalan dan pelayaran, wkwkwkk.... jauh ya :D

    itu blom seberapa jauh.... ada alumni kedokteran yang lebih memilih terjun ke dunia kontraktor... wkwkwkwk.... bukan karena ga pinter, tapi karena merasa lebih nyaman aja... manusia emang aneh ya ^_^

    Btw, pekerjaan itu memang penting, tapi sy mau sharing 1 pandangan, "kuliah itu untuk cari ilmu, bukan cari kerja"
    kalo ilmunya banyak, kerjaan apa saja tentu bukan masalah kan ^_^ So, yg kuliah sastra inggris, jgn segan2 belajar bahasa lain, jgn sepelekan skill komputer, jgn ragu belajar psikologi, jgn malu2 belajar image editing, jgn sungkan belajar manajemen dan akuntansi... dll... u will need them later ^_^

    Sorry kepanjangan commentnya... sekedar berbagi pengalaman... semoga bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, super sekali :) terimakasih sudah berbagi, dulu Sastra Inggris mana mas?

      Delete
  96. buat kak gustaff,, aku sekarang kelas 3 sma.. hobiku itu nulis yaahh walau karyaku belum diterima dimana-mana aku masih mengembangkan hobi itu. aku juga suka banget bahasa asing termasuk bahasa inggris sejak kecil. dan rencananya aku pengen masuk Sastra Inggris UNAIR,, tapi ada hal yang aku takutkan memilih jurusan itu. yaaa.. seperti takut materinya belum aku kuasai.. rencana sih aku kursus dulu sebelum MABA. nah,,sebelum aku bener" milih itu,,aku mau tanya apa saja sih mata ajaran di Sastra Inggris itu?? apa kita juga dibelajari bhsa yg lain ?? mhon infox ya??? ehh lupa skalian kasih info sastra inggris di UNESA jg ya?? hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, dimantapkan sja soal-soal IPSnya buat tes tulis dek, banyak baca pembahasan - pembahasan karena soal SNMBPTN dari tahun ke tahun polanya mirip meskipun beda nama :) semangat ya :)

      Delete
  97. Wahh...senang bisa nemukan ini. Perkenalkan, saya juga jurusan Sastra Inggris di Univ. Malang.Saya jadi semangat lagi menjalani kuliah saya di jurusan tercinta ini.
    Salam ala sastra...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, angkatan berapa? tahun lalu ketika saya PKL di Balai Bahasa Jogja, ada kawan dari UM Malang yang juga PKL di sana :)

      Delete
  98. menurut kak gustaf, mudah sastra inggris atau pendidikan bahasa inggris?
    bingung nih mau milih mana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dek Jeje suka/ mau/ cita - cita jadi guru :D pendidikan
      Kalo ndak suka ngajar = sastra :) simpel kan :)
      kembali ke adik sendiri

      Delete
  99. hai ka perkenalkan dulu nama saya asia sekarang saya kelas XII Smk :D. masih bingung nih kak, saya suka dengan bahsa inggris biarpun gak pintar2 amat sih bahasa inggrisnya. saya tertarik mau masuk sasing tapi jujur saya gak suka sastra. kalau saya mau ambil pen b.ing saya gak minat jga jadi guru. nanti apa gk susah yah kalau saya ambil sasing sedangkan saya gak suka sastra?

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu adek tahu, sastra inggris kemudian (pas kuliah) akan dipecah lagi menjadi 2, yakni literature (sastra) atau linguistics (ilmu bahasa Inggris murni) nah, adek senasib dg saya, suka bahasa Inggris tapi ndak suka sastra, saya ambil linguistik deh :) ndak kalah fun kok,lebih make sense juga kalo di dunia kerja kok :D

      Delete
  100. kak, kan saya anak XII IPA SMA. bisa gak tuh masuk Sastra Inggris ?? abis udah jatuh hati banget di situ,, tapi mau ambil yang linguistics, gak mau yang sastra... gimana tuh kak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba smbptn yang IPS kalo memang serius pengen dek, atau lewat jalur tes yang diadakan intern kampus yang kamu pengen :) mas dulu juga IPA kok, konsekuensinya, belajar soal2 IPS dari sekarang tapi :)
      semangat yaa

      Delete
  101. kak, jadi mendingan kalo anak ipa ngambil snmptn jgn sastra inggris nya gitu? peluangnya bakal kecil ya? jadi harus masang nya di sbmptn nya aja? saya minat banget sastra inggris kak, jadi bingung+galau

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya demikian, anda ke IPA dulu kan tentu karena akan menggeluti dunia yang IPA - IPA gitu :) saya menyarankan SBMPTN karena disitu tes dan kita bisa fight tanpa ditimbang background IPA atau IPS dek, demikian

      semoga membantu

      Delete
  102. Salam knal ka,.. Nama sy wahab dr Bali, sebelumnya trims sudah nge-posting ini. sy jg berniat ke sasing, yg jd pertanyaan sy adalah, apakah di setiap PTN ada jurusan sasing ? Soalnya saya masih bingung untuk memeilih PTN,

    ReplyDelete
  103. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  104. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  105. Kami dari PT VIC-Indonesia (vista Indonesia) saat ini banyak membutuhkan tenaga kerja baik untuk pengajar maupun student consultant.

    info lebih lanjut bisa dilihat di http://vistaeducation.com

    ReplyDelete
  106. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  107. mau tanya kak, kira2 kalo dari satra inggris itu bisa jadi guru ga yh ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tapi setelah lulus harus menempuh S2, atau Pendidikan Profesi Guru, atau juga dari double degree :) tapi sebaiknya, kalau ingin jadi Guru bahasa Inggris, ambil jurusan Pendidikan Bahasa Inggris saja dek :)

      Delete
  108. kak kalo test sastra inggris kra2 apa aja ya yg di test? grammar , tense gtu msuk ya kak? thx kak soalnya ak pgen bgd msk jur sasing

    ReplyDelete

Pembaca yang baik pasti meninggalkan feedback